comscore

Pemerintah Disarankan Tambah Stimulus demi Pertumbuhan Ekonomi kuartal III

Antara - 13 Agustus 2021 14:37 WIB
Pemerintah Disarankan Tambah Stimulus demi Pertumbuhan Ekonomi kuartal III
Ilustrasi stimulus pemerintah - - Foto: MI/ Angga Yuniar
Jakarta: Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menyarankan pemerintah menambah stimulus pada kuartal III-2021 agar perekonomian tidak turun terlalu dalam akibat Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Pertama, pemberian bantuan sosial (bansos) tunai minimal Rp1 juta-Rp1,5 juta per keluarga penerima dengan jumlah keluarga penerima bantuan ditambah menjadi 15 juta-25 juta,” kata Bhima kepada Antara, Jumat, 13 Agustus 2021.
Selanjutnya, pemerintah disarankan membayar 30-40 persen uang sewa pada Agustus bagi pengusaha kecil di pusat perbelanjaan.

"PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sewa ditanggung pemerintah belum cukup, karena sebagian besar penyewa membayar kontrak tahunan sebelum adanya pandemi," terang Bhima.

Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjual produk secara online, pemerintah bisa menyediakan subsidi internet gratis satu GB per pengusaha pada jam sibuk pukul 8 pagi sampai 6 sore. Di samping itu, pemerintah juga bisa mensubsidi ongkos kirim bagi produk lokal di loka pasar.

Pemerintah, menurutnya, juga perlu memberikan bantuan subsidi upah kepada pekerja informal yang tidak memiliki keanggotaan aktif di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Kemudian mendorong restrukturisasi utang pelaku UMKM yang kesulitan membayar cicilan pokok dan bunga pinjaman.

“Kalau perlu lakukan write off atau hapus buku bagi kredit usaha mikro yang memang sudah sangat sulit membayar pokok dan bunga pinjaman,” ujar Bhima.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id