Kementerian BUMN Bantah Limit Kartu Kredit Direksi dan Komisaris Pertamina Capai Rp30 Miliar

    Annisa ayu artanti - 16 Juni 2021 18:47 WIB
    Kementerian BUMN Bantah Limit Kartu Kredit Direksi dan Komisaris Pertamina Capai Rp30 Miliar
    Ilustrasi kartu kredit - - Foto: Antara/ Rosa Panggabean



    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan pengecekan terhadap kartu kredit atau credit card (CC) direksi dan komisaris PT Pertamina (Persero). Limit kartu kredit yang dipegang petinggi perusahaan migas pelat merah tersebut tak sampai Rp30 miliar.

    "Saya juga sudah cek ke Pertamina, menurut mereka tidak ada limit kartu kredit mencapai Rp30 miliar baik untuk direksi dan komisaris," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan, Rabu, 16 Juni 2021.

     



    Namun demikian, Kementerian BUMN tetap mendukung berbagai upaya efisiensi yang dilakukan oleh perseroan demi mencetak kinerja yang baik. Termasuk dalam efisiensi penggunaan kartu kredit.

    "Kami mendukung semua efisiensi yang dilakukan oleh setiap BUMN apalagi kalau efisiensi tersebut berhubungan dengan capex (capital expenditure) dan opex (operational expenditure) yang memang memengaruhi keuangan BUMN," ucap Arya.

    Sebelumnya, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan fasilitas kartu kredit dewan direksi dan komisaris perseroan dicabut demi efisiensi perusahaan.

    Bahkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang digelar 14 Juni 2021 lalu, usulan ini tidak mendapat penolakan dari jajaran komisaris maupun dewan direksi.

    Menurut sumber Medcom.id yang enggan disebut namanya, fasilitas kartu kredit hanya diberikan oleh perusahaan pada jajaran direktur dan komisaris. Tujuannya sebagai alat pembayaran dalam mempermudah proses bisnis.

    Selain menggunakan kartu kredit, manajemen bisa juga menggunakan sistem reimburse terkait biaya penugasan yang dijalankan.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id