IKM Terdampak Covid-19 Perlu Pinjaman Lunak

    Antara - 04 April 2020 15:48 WIB
    IKM Terdampak Covid-19 Perlu Pinjaman Lunak
    Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih - - Foto: dok Kemenperin
    Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan  pemberian pinjaman lunak kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). Pemberian pinjaman ini agar mereka bisa membayar gaji pekerja yang dirumahkan akibat pandemi covid-19.

    "Bunga yang ada di pinjaman lunak ini akan lebih rendah dari bunga KUR (Kredit Usaha Rakyat)," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih pada keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, 4 April 2020.

    Gati mengungkapkan sejak wabah virus korona terjadi pada awal Maret  lalu, rata-rata penjualan IKM dan Aneka (IKMA) mengalami penurunan antara 50-70 persen. Pelaku IKM juga sulit mendapatkan bahan baku impor.

    Karena itu, Kemenperin mulai meminimalisasi dampak tersebut dengan mengandeng startup untuk membantu memasarkan produk-produk IKM, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak.

    "Untuk itu, Kemenperin akan bekerjasama dengan industri bahan baku dalam negeri supaya mereka memproduksi dan menyalurkan ke IKM," ungkapnya.

    Gati menambahkan pemerintah tekah memberikan kebijakan berupa penundaan pembayaran kredit. Adapun sebanyak 43.016 IKMA terdampak virus korona dengan jumlah 149.858 pekerja.


    "Koordinasi yang kami lakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak covid-19 terhadap IKM di setiap provinsi dan juga memetakan dampak yang ditimbulkan terhadap tenaga kerja," ujar Gati.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id