Cara Bijak Gunakan Subsidi Gaji Rp600 Ribu dari Pemerintah

    Annisa ayu artanti - 26 Agustus 2020 17:53 WIB
    Cara Bijak Gunakan Subsidi Gaji Rp600 Ribu dari Pemerintah
    Ilustrasi subsidi gaji karyawan - - Foto: dok MI
    Jakarta: Pemerintah akan menyalurkan bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan bagi karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta. Momen tersebut sangat dinantikan sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang terdampak pandemi covid-19.

    Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan subsidi gaji tersebut merupakan bentuk bantuan pemerintah dalam mengurangi beban masyarakat. Karena itu, perlu sikap yang bijak dalam menggunakannya.

    Menurutnya cara bijak dalam menggunakan subsidi gaji tersebut antara lain dialokasikan untuk mengatasi defisit anggaran. "Subsidi Rp600 ribu ini pada dasarnya diutamakan untuk mengatasi defisit anggaran rumah tangga akibat dampak pandemi," kata Mike Rini kepada Medcom.id, Rabu, 26 Agustus 2020.


    Ia menjelaskan tujuan dari alokasi dana tersebut agar para pekerja tidak cenderung melakukan pinjaman atau berutang ketika mengalami kesulitan finansial. Selanjutnya, berhemat dengan menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan darurat.

    "Sehingga subsidi Rp600 ribu ini tidak habis hanya untuk menutup defisit. Tetapi, bisa dialokasikan untuk menambah tabungan darurat mereka sebagai upaya untuk berjaga-jaga jika terjadi darurat finansial," ucapnya.

    Pemerintah sebelumnya menyiapkan anggaran hingga Rp37,8 triliun untuk program subsidi gaji pekerja. Bantuan ini akan disalurkan kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta serta terdaftar pada BPJamsostek per Juni 2020.  


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id