comscore

Kecelakaan Mudik 2022, Jasa Raharja Bayar Santunan Rp99,2 Miliar untuk Korban

Insi Nantika Jelita - 16 Mei 2022 16:32 WIB
Kecelakaan Mudik 2022, Jasa Raharja Bayar Santunan Rp99,2 Miliar untuk Korban
Ilustrasi santunan untuk korban kecelakaan mudik Lebaran 2022 - - Foto: MI/ Usman Iskandar
Jakarta: Jasa Raharja memberikan santunan hingga Rp99,2 miliar untuk korban kecelakaan selama mudik atau periode Angkutan Lebaran 2022.

Berdasarkan data Korlantas Polri, ada 3.457 kasus kecelakaan lalu lintas atau turun 11 persen dibandingkan di 2019. Dari kasus kecelakaan tersebut 530 korban meninggal dunia, menurun 40 persen dibandingkan 2019.

“Pada periode tersebut Jasa Raharja telah membayarkan santunan sebesar Rp99,2 miliar," ungkap Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono dalam keterangan pers, dikutip Senin, 16 Mei 2022.

Ia menjabarkan, santunan tersebut terdiri dari korban kecelakaan yang meninggal dunia sebesar Rp73,3 miliar dan santunan untuk korban luka-luka sebesar Rp25,9 miliar.

Jasa Raharja mengklaim dalam penyerahan santunan meninggal dunia kepada ahli waris korban pada periode tersebut rata-rata dapat diserahkan dengan waktu kurang dari 24 jam sejak waktu kejadian. Sementara waktu penyelesaian berkas santunan lengkap rata-rata 15 menit.

"Untuk korban luka-luka yang masih dirawat di rumah sakit, kami terbitkan surat jaminan melalui sistem pelayanan online yang terintegrasi, sehingga biaya perawatan dijamin Jasa Raharja sampai maksimal Rp20 juta,” tambah Rivan.

Ia berujar penurunan jumlah korban kecelakaan merupakan komitmen pemerintah untuk menjalankan sesuai amanah Presiden Joko Widodo, agar pelaksanaan mudik Lebaran 2022 berjalan lancar.


Secara umum, penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini dinilai berjalan baik. Mudik kali ini berbeda dengan mudik sebelumnya, masyarakat sudah dua tahun tidak pulang kampung karena pandemi. Dari hasil survei Kementerian Perhubungan, animo masyarakat yang ingin mudik menembus 85,5 juta orang.

Kementerian BUMN pun menyelenggarakan program mudik gratis dengan tema Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 yang mengalihkan 40 ribu pemudik dari kendaraan pribadi khususnya sepeda motor, menggunakan moda transportasi umum.

Di jalur darat, penerapan kebijakan Korlantas Polri seperti pemberlakuan contra flow hingga one way di Ruas Tol Jakarta-Semarang pada saat arus mudik dan arus balik dianggap efektif. Namun demikian, ada proses evaluasi pada Angkutan Lebaran 2022.

“Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan evaluasi ke depan,” ujar Rivan.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id