comscore

29 PSN Ditargetkan Selesai Tahun Depan

Eko Nordiansyah - 15 Desember 2021 17:31 WIB
29 PSN Ditargetkan Selesai Tahun Depan
Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar
Jakarta: Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengestimasi akan ada 29 Proyek Strategis Nasional (PSN) dapat diselesaikan tahun depan. Penyelesaian PSN ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Ketua Pelaksana Tim KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, pihaknya akan berupaya mengebut penyelesaian PSN. Bahkan dengan percepatan ini, jumlah tenaga kerja yang terserap diperkirakan bisa mencapai 1,9 juta orang.
"Sebanyak 1,9 juta orang ini yang bisa diserap lapangan kerjanya yang ditimbulkan akibat mempercepat proyek-proyek strategis nasional," kata dia dalam webinar, Rabu, 15 Desember 2021.

Berdasarkan Permenko Nomor 7 Tahun 2021, terdapat 208 proyek dan 10 program PSN dengan nilai investasi Rp5.698,5 triliun. Sejak 2016 sampai dengan November 2021, sudah ada 124 PSN yang diselesaikan dengan nilai investasi Rp626,1 triliun.

Adapun selama pandemi covid-19 dari Januari 2020 hingga November 2021, terdapat 32 PSN yang berhasil diselesaikan senilai Rp158,8 triliun. Di akhir tahun ini masih ada delapan PSN yang akan diselesaikan senilai Rp94,3 triliun.

Selain PSN yang sudah selesai tadi, Wahyu menyebut, ada beberapa proyek yang sudah selesai sebagian dan bisa beroperasi. Di samping itu, ada proyek yang masih tahap konstruksi, tahap transaksi, maupun tahap penyiapan.

"Di sini untuk yang transaksi, kita terus dorong agar terjadi pengikatan kontrak baik itu melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) maupun yang dengan APBN untuk proyek-proyek multiyears kontrak," pungkas dia.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id