comscore

Luhut Happy, Ford Bakal Kunjungi Indonesia Bahas Investasi Kendaraan Listrik

Insi Nantika Jelita - 10 Juni 2022 10:43 WIB
Luhut <i>Happy</i>, Ford Bakal Kunjungi Indonesia Bahas Investasi Kendaraan Listrik
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan - - Foto: dok Kemenko Marves
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tim pabrik otomotif asal Amerika Serikat, Ford, akan berkunjung ke Indonesia pada bulan ini untuk membahas investasi kendaraan listrik (EV).

"Ford akan datang kemari, timnya datang pada 20 (Juni), mereka mau investasi end to end (soal mobil listrik)," kata Luhut dalam Rapat Banggar DPR RI, dikutip Jumat, 10 Juni 2022.
Ia menegaskan, keseriusan Ford untuk menjajaki bisnis mobil listrik dari hulu ke hilir, karena mengetahui potensi besar sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, khususnya dalam nikel.

"Mereka tahu tempat yang paling bisa (diajak investasi EV) itu ada di Indonesia. Semalam Ford ini masih diskusi dengan deputi saya, mereka akan datang ke sini untuk melihat investasi itu," terang Luhut.

Pemerintah, lanjut Luhut, menjanjikan ada biaya produksi yang kompetitif kepada investor dalam investasi hijau. Indonesia pun bertekad mewujudkan ekosistem kendaraan listrik pertama di dunia.

"Kalau mau bikin pabrik end to end dengan green product the best place to go is Indonesia. Dengan cost listrik cuma USD5 sen per kWh, siapa bisa lawan kita," sesumbar Luhut.

Luhut menambahkan negosiasi dengan Ford lebih maju daripada dengan Tesla Inc. Namun, belum ada kepastian resmi dari Tim Elon Musk soal keberlanjutan investasi dengan Indonesia.

Ia pun menegaskan, pemerintah tidak mau didikte dengan asing soal investasi energi terbarukan. Hal ini karena Indonesia dianggap memiliki sumber daya alam yang melimpah, sehingga negara punya andil untuk mengatur semua urusan bisnis dalam negeri.


"Kita harus melihat equal (rata). Kita enggak mau diatur mereka. Kalau kalian tidak mau ya sudah. Tidak boleh ada satu negara yang mendikte kita, Republik Indonesia. Posisi kita sangat bagus," pungkasnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id