comscore

Kartu Prakerja Disarankan Jadi Alternatif Penyaluran Bansos

Antara - 09 Februari 2022 20:55 WIB
Kartu Prakerja Disarankan Jadi Alternatif Penyaluran Bansos
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Peneliti Presisi Indonesia Widdi Mugijayani merekomendasikan Kartu Prakerja menjadi program alternatif untuk menyalurkan subsidi ataupun bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

"Program Kartu Prakerja efektif dalam menyalurkan bantuan sosial di masa pandemi sehingga bisa menjadi salah satu alternatif saluran distribusi program subsidi di masa yang akan datang," kata Widdi dalam webinar Dampak Kartu Prakerja sebagai Program Pemulihan Ekonomi, dilansir Antara, Rabu, 9 Februari 2022.
Efektivitas Kartu Prakerja untuk menyalurkan bansos ditemukan dalam penelitian terhadap 2.156 responden yang terbagi atas penerima dan bukan penerima kartu prakerja dengan jumlah masing-masing sekitar 1.078 responden.

Selain itu, Widdi juga merekomendasikan program Kartu Prakerja difokuskan kepada masyarakat berusia muda, produktif, dan tinggal di perkotaan Pulau Jawa, karena program ini sangat efektif untuk masyarakat tersebut.

Namun, fokus kepada penerima dengan karakteristik itu diperkirakan dapat meningkatkan kesenjangan kesejahteraan antara masyarakat di desa dan kota, dalam dan luar pulau Jawa, serta masyarakat usia produktif dan nonproduktif.

"Perlu studi lanjutan untuk memitigasi dampak tersebut serta program-program pemerintah lain yang dapat dijadikan solusi atas permasalahan ini," katanya.

Di samping itu, menurutnya, pemerintah perlu meningkatkan dampak kartu prakerja terhadap produktivitas dan daya saing tenaga kerja, antara lain melalui penyelenggaraan pelatihan yang berfokus pada peningkatan produktivitas dan daya saing kerja.

"Serta melalui pengakuan sertifikat pelatihan oleh pemberi kerja yang masih menjadi tantangan saat ini, untuk itu diperlukan kolaborasi antara penyelenggara Kartu Prakerja dengan asosiasi pengusaha untuk menjajaki hal ini," ucapnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id