Pembentukan Holding Ultra Mikro Berpotensi Perbesar Pengembangan Bisnis

    Annisa ayu artanti - 14 September 2021 15:30 WIB
    Pembentukan Holding Ultra Mikro Berpotensi Perbesar Pengembangan Bisnis
    Direktur Utama BRI Sunarso. Foto : BRI.



    Jakara: Pembentukan holding Ultra Mikro (UMi) dinilai akan memperbesar potensi pengembangan bisnis PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

    Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan holding ultra mikro akan menghasilkan lembaga pemberdayaan mikro dan ultra mikro terbesar yang memiliki keuangan terlengkap.

     



    Dari segi bisnis, ia menuturkan ada potensi penambahan nasabah dan penyaluran pendanaan dengan adanya holding tersebut. Adapun, berdasarkan data 2018 terdapat 45 juta nasabah usaha ultra mikro yang membutuhkan pendanaan tambahan.

    "Dari jumlah itu yang tersentuh lembaga keuangan formal baru sekitar 15 juta nasabah," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa, 14 September 2021.

    Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menambahkan sinergi ekosistem ultra mikro yang terbentuk karena holding akan memberikan akses layanan keuangan yang lebih luas dan lebih mudah kepada pelaku usaha ultra mikro.

    Pegadaian akan melanjutkan peran pemberdayaan PNM melalui akses produk berbasis gadai dan layanan keuangan yang lebih luas kepada nasabah ultra mikro yang feasible dan bankable sehingga naik kelas.

    "Ini menjadi momentum bagi Pegadaian untuk terus tumbuh bersama masyarakat. Langkah ini sejalan dengan latar belakang perusahaan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan ekonomi," jelas Kuswiyoto.

    Optimisme senada diungkapkan Direktur Utama Permodalan Nasional Madani Arief Mulyadi. Menurutnya, ketiga entitas sudah melakukan integrasi terutama dalam sumber daya, infrastruktur dan data.

    Dengan integrasi ekosistem UMi melalui holding, PNM optimistis program Mekaar akan semakin memberikan manfaat bagi masyarakat kecil karena dapat mengoptimalkan peran pemberdayaan PNM dengan penurunan biaya overhead.

    "Kami tentunya lebih yakin ke depan dengan sinergi dan penguatan ekosistem UMi melalui holding akan semakin terakselerasi, dan ini tentunya sebuah kebanggaan bagi kami. Selain sebagai pemacu pertumbuhan, holding UMi ini akan memberikan nilai tambah untuk nasabah," pungkas Arief.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id