Potensial Jadi Sumber Pendapatan, Wamendag Kebut Pendirian Bursa Kripto

    Husen Miftahudin - 22 Juni 2021 19:44 WIB
    Potensial Jadi Sumber Pendapatan, Wamendag Kebut Pendirian Bursa Kripto
    Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga - - Foto: Medcom



    Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga ingin mempercepat pendirian bursa kripto melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Pasalnya, aset kripto bisa menjadi sumber pendapatan negara yang potensial.

    Jerry menyebut prioritas pendirian bursa adalah untuk melindungi pelaku dan pemilik aset kripto serta mengoptimalkan dampak positifnya. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk mewujudkan bursa agar pencatatan, monitoring, manajemen, dan evaluasi perdagangan kripto dapat terwujud.

     



    "Dengan regulasi yang jelas dan adanya bursa, pemilik dan pedagang aset kripto punya batasan yang jelas mengenai aset mereka dan bagaimana perdagangannya. Dengan begitu mereka bisa beraktivitas secara legal dan terlindungi," ujar Jerry dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 22 Juni 2021.

    Selain itu, lanjut dia, dengan adanya aturan yang jelas dan adanya bursa, maka pelaku perdagangan kripto tidak lari ke bursa di luar negeri. Apalagi saat ini sudah ada sekitar 9.000 jenis aset kripto dan terus mengalami perkembangan.

    Jerry bilang, Bappebti telah menetapkan 229 aset kripto yang bisa diperdagangkan di Indonesia dengan nilai perdagangan mencapai Rp1,7 triliun per hari. Bappebti juga telah menerima pendaftaran dari pelaku usaha kripto yang akan mendirikan bursa.

    "Bursa ini diharapkan segera berdiri dan aktif pada semester kedua tahun ini. Tanpa adanya bursa, mereka akan bertransaksi dengan pialang-pialang yang secara hukum susah dimonitor," tambah dia.

    Adapun pentingnya pendirian bursa kripto dijelaskan Jerry kepada Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto. Terdapat beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan hangat itu. Di antaranya perkembangan kripto baik dalam lingkup internasional maupun domestik, serta upaya dan langkah Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam pengelolaan perdagangan aset kripto.

    "Beliau (Wiranto) khususnya dan Dewan Pertimbangan Presiden pada umumnya memberikan perhatian yang khusus buat kripto. Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana ini bisa berdampak terhadap perekonomian nasional dan bagaimana pula cara untuk mengoptimalkan manfaatnya," urai dia.

    Mendengar berbagai penjelasan Jerry, Wiranto berharap komunikasi dan kolaborasi antar kementerian/lembaga dan kementerian dengan pelaku usaha bisa terus ditingkatkan. Selain itu, Wiranto juga mendorong agar inovasi dalam kegiatan ekonomi berbasis kripto dapat meningkatkan kekuatan ekonomi Indonesia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id