comscore

Komponen Harga Tes PCR, Produksi, dan Bahan Baku Paling Besar

Eko Nordiansyah - 09 November 2021 13:05 WIB
Komponen Harga Tes PCR, Produksi, dan Bahan Baku Paling Besar
Ilustrasi seorang warga melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) - - Foto: dok AFP
Jakarta: PT Bio Farma (Persero) mengungkapkan struktur harga tes PCR memang didominasi oleh harga reagen sebagai komponen utama. Bahkan biaya produksi dan bahan baku dari reagen tes PCR ini mencapai 55 persen dari total harga.

"Memang dari struktur cost terbesar adalah dari komponen reagen utamanya, kalau kita lihat dari biaya produksi dan bahan baku itu sudah 55 persen," ujar Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dalam rapat dengan Komisi VI DPR di Jakarta, Selasa, 9 November 2021.
Selain biaya produksi dan bahan baku, jika dirinci, struktur harga reagen dari tes PCR ini berasal dari biaya operasional sebesar 16 persen, biaya distribusi (termasuk margin distributor) 14 persen, royalti lima persen, dan margin Bio Farma sebesar 10 persen.

"Tapi menurut kami struktur cost ini akan berbeda tergantung dari lab masing-masing tergantung bisnis model yang mereka lakukan. Ini yang kami ambil dari lab Bio Farma sendiri, tapi mungkin dari Kimia Farma dan Indofarma mungkin dengan lab yang besar akan memberi gambaran yang sedikit berbeda," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Bio Farma telah memproduksi Viral Transport Medium dengan merek BioVTM, dan pengembangan produk baru reagen uji PCR bersama Nusantics, dari semula PCR Singleplex (BioCov) menjadi PCR Multiplex (mBioCov).

Menurut Honesti, peluncuran produk reagen Bio Farma memang bertujuan untuk mengurangi impor dan dengan sendirinya menurunkan harga tes PCR. Apalagi pada awal pandemi covid-19, harga tes sangat bervariasi bisa mencapai Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta.

"Karena kebanyakan dari lab, mereka juga mem-bundling service ini tidak hanya murni tes PCR tapi juga ada foto thorax sebagai contoh. Tapi Alhamdulillah pemerintah kemudian mengambil alih ini, kemudian menerapkan harganya sehingga harganya sekarang bisa kita lihat (lebih murah)," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id