Produksi Sendiri, Erick Pastikan Harga Obat Antivirus Avigan Murah

    Annisa ayu artanti - 22 September 2020 19:46 WIB
    Produksi Sendiri, Erick Pastikan Harga Obat Antivirus Avigan Murah
    Ilustrasi obat covid-19 - - Foto: AFP
    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan harga Avigan akan lebih murah lantaran diproduksi secara mandiri oleh PT Kimia Farma. Obat antivirus yang mengandung favipiravir ini bisa dipasarkan dengan kisaran harga Rp20 ribu.
     
    "Kalau Avigan kita pastikan lebih murah. Kurang lebih Rp20 ribu-an" kata Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR-RI, Selasa, 22 September 2020.

    Erick menambahkan izin edar obat tersebut sedang diproses di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Izin tersebut akan segera dikeluarkan mengingat kebutuhan Avigan yang sangat tinggi.

    "Hari ini saya baru telepon BPOM agar segera bisa dikeluarkan izinnya karena memang kebutuhannya sangat tinggi," jelas dia.

    Mengutip laman farmasi.ugm.ac.id, Avigan merupakan obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical (kelompok Fujifilm) Jepang dengan aktivitas melawan banyak virus RNA.

    Obat ini merupakan turunan pyrazine carboxamide. Dalam percobaan yang dilakukan pada hewan, Favipiravir menunjukkan aktivitas melawan virus influenza, virus West Nile, virus demam kuning, virus penyakit kaki-dan-mulut, serta virus flavivirus, arenavirus, bunyavirus, dan alphavirus lainnya (Furuta, et al, 2017).

    Di Jepang, obat ini awalnya dikembangkan sebagai obat flu. Pada Februari 2020, Favipiravir kemudian digunakan untuk percobaan pengobatan penyakit covid-19 di Tiongkok.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id