Ganjar Janji Pasokan Pangan di Jateng Aman

    Mustholih - 16 Maret 2020 21:07 WIB
    Ganjar Janji Pasokan Pangan di Jateng Aman
    Kebutuhan Pangan. Foto : Medcom.id.
    Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan stok beras di wilayahnya mencukupi untuk kebutuhan warga hingga tujuh bulan ke depan. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta warganya jangan terkena sindrom panic buying dalam menghadapi penyebaran virus korona covid-19.

    "Beras di Bulog masih bisa untuk tujuh bulan. Ditambah nanti April, kita akan panen 1,6 juta ton. Cadangan pangan kita mencukupi kebutuhan," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 16 Maret 2020.

    Selain beras, stok jagung juga masih mencukupi untuk tujuh bulan ke depan. Ganjar mengungkap stok jagung juga bakal melimpah karena bulan depan ada tambahan 1,7 ton dari panen raya jagung. "Tapi, jika untuk mencukupi kebutuhan pakan ternak, hanya bertahan sampai April," jelas Ganjar.

    Hanya saja, kata Ganjar, cadangan gula pasir dan bawang putih di Jateng sudah menipis. Saat ini, stok gula pasir dan bawang putih di Jateng masing-masing cuma 500 ton. "Cadangan gula pasir dan bawang putih hanya akan mampu bertahan sampai tujuh hari," ungkap Ganjar.

    Namun, Ganjar meyakini kekurangan stom gula pasir dan bawang putih dalam beberapa hari ke depan bakal teratasi. Sebab, kran impor dari Tiongkok sudah dibuka.

    Dengan kondisi pangan yang relatif stabil, Ganjar meminta warga Jateng jangan khawatir kekurangan stok. Warga diimbau tidak melakukan pembelian bahan pokok besar-besaran. "Tetap tenang, kalau terjadi hal darurat kita siap pangan kita," beber Ganjar.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id