Ritel Indonesia Punya Peluang Ekspansi di Suriname

    Ilham wibowo - 30 Juli 2020 13:26 WIB
    Ritel Indonesia Punya Peluang Ekspansi di Suriname
    Ilustrasi ritel makanan. Foto: Dok. Kemenperin
    Jakarta: Produk bahan baku dan olahan masakan Indonesia punya penggemar yang banyak di Suriname. Ekspansi bisnis pelaku usaha sektor ritel dan food and beverage Tanah Air diyakini bisa tumbuh lebih maksimal.

    "Makanan Indonesia di sini sangat disukai," kata Dubes RI di Suriname Julang Pujianto dalam sebuah webinar bertajuk Potensi Bisnis Indonesia, Kamis, 30 Juli 2020.

    Negara Suriname punya kedekatan dengan Indonesia secara historis lantaran keduanya bekas jajahan Belanda. Masyarakat etnis Jawa saat ini jumlah cukup banyak dan tersebar di negara Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil dan Guyana ini.

    Menurut Julang, produk bahan baku masakan khas Indonesia seperti rempah-rempah sangat diminati dengan pertumbuhan ekspor yang naik setiap tahun. Produk olahan masakan yang beragam dari Indonesia pun sangat mudah diterima masyarakat Suriname.

    "Rawon belum ada yang jual tapi pada saat kami sajikan di Indo fair mereka suka dengan rawon, sop buntut dan bakso juga laku keras di Suriname," ungkapnya.

    Julang mengharapkan ada pelaku usaha di Indonesia yang bisa mengalihkan pasar ekspornya ke negara nontradisional seperti Suriname. Pihaknya siap menyediakan fasilitas seperti pencarian gedung dan lokasi strategis agar toko ritel khusus produk Indonesia bisa segera hadir dan diperdagangkan.

    "KBRI kan bukan badan usaha jadi tidak bisa jalan. Nah kami berupaya bentuk Indonesia trading house, khusus jual dan distribusikan produk Indonesia dan ini perlu badan usaha yang bergerak," ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey menyambut dengan antusias dorongan KBRI Suriname yang telah menjembatani ekspansi produk Indonesia, termasuk buatan pelaku UMKM. Roy mengaku siap memulai langkah konkret dengan mengisi fasilitas penjualan khusus produk Indonesia di Suriname.

    "Akan langsung ditindaklanjuti. Kita juga bisa lihat dan kolaborasi dengan toko ritel yang ada di sana, yang di Indonesia juga sebagai anggota Aprindo," tuturnya.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id