Pengelola Mal Sudah Akrab dengan Protokol Kesehatan

    Ilham wibowo - 19 Mei 2020 14:12 WIB
    Pengelola Mal Sudah Akrab dengan Protokol Kesehatan
    Iilustrasi. Foto; Dok.MI
    Jakarta: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) bakal kembali membuka fasilitas hiburan dan pertokoan setelah Kelonggaran Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mal direalisasikan pada awal Juni 2020.

    Protokol kesehatan terbaru telah disiapkan untuk melayani masyarakat dalam kondisi new normal.

    Ketua APPBI Stefanus Ridwan mengatakan karyawan mal serta masyarakat sudah sangat memahami penularan covid-19 dan waspada saat diizinkan kembali menggerakkan perekonomian. Dalam dua bulan terakhir, fasilitas supermarket dan restoran di lingkungan mal telah menerapkan prosedur kesehatan yang ketat.

    "Kami sangat siap membuka operasional mal, kemarin kan banyak juga mal yang buka untuk pengunjung supermarket, bank, restoran dan lain lain," kata Stefanus kepada Medcom.id, Selasa, 19 Mei 2020.

    Menurut Stefanus, para manajemen mal sebagian besar sudah terbiasa menerapkan protokol kesehatan covid-19. Penerapannya kemudian bisa diperluas untuk fasilitas lain yakni pertokoan dan pusat hiburan seperti wahana permainan maupun bioskop.

    "Sudah latihan terus-terusan (penerapan protokol kesehatan) dua bulan ini, artinya tinggal penyempurnaan saja," ungkapnya.

    Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat memaparkan bahwa pihaknya bakal menerapkan berbagai standar operasional prosedur (SOP) untuk memulai kembali dibukanya fasilitas yang berpijak pada kesehatan, kenyamanan, dan kepercayaan pengunjung. Pada semua akses pintu masuk akan disediakan termometer pengukur suhu tubuh.

    "Semua karyawan mal dan karyawan tenant serta pengunjung wajib memakai masker dan memakai bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan karakteristik jenis industrinya," kata Ellen.

    Tak hanya itu, disiapkan pula hand sanitizer di beberapa akses dan juga area yang menjadi area umum. Beberapa mal yang areanya memungkinkan akan juga ditambah wastafel atau tempat cuci tangan di beberapa lokasi.

    Kemudian mengatur jarak dan memberikan tanda agar konsumen mengikuti tata cara social distancing apabila ada antrean baik di lift atau elevator maupun di eskalator dan di area lainnya. Aturan khusus juga berlaku untuk tempat duduk khususnya di area food court.

    "Para tenant food and beverage juga diminta melakukan re-arrange peletakan meja dan kursi sehingga ada jarak," ungkapnya.

    Para tenant lainnya, kata dia, juga diminta mengatur tata cara agar ada social distancing sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankannya seperti untuk area kasir. Pihak Pengelola mal juga masih akan terus melakukan penyemprotan disinfektan rutin terhadap area-area mal untuk area entrance, toilet, excalator, lift dan area lainnya.

    Ellen memastikan bahwa semua pusat belanja selama PSBB secara rutin melakukan pembersihan terhadap gedung dan semua sarana gedung serta peralatan yang digunakan. Hal tersebut dilakukan walaupun saat implementasi PSBB dua bulan terakhir hanya beberapa kategori tenant yang diizinkan beroperasi.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id