Terkait Korona

    Pemerintah Mau Bikin Perpres Lagi Buat BPJS Kesehatan

    Eko Nordiansyah - 19 Maret 2020 09:17 WIB
    Pemerintah Mau Bikin Perpres Lagi Buat BPJS Kesehatan
    Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Pemerintah berencana akan menerbitkan aturan lagi soal BPJS Kesehatan. Padahal Mahkamah Agung (MA) telah membatalkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan sehingga membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

    "Seperti diketahui MA membatalkan Perpres yang menyebabkan kondisi BPJS (Kesehatan) tidak pasti dari sisi keuangan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam video conference di Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

    Dalam Perpes 75 Tahun 2019 tersebut, pemerintah memutuskan kenaikan iuran untuk peserta BPJS Kesehatan. Kenaikan iuran dilakukan untuk menambal defisit keuangan BPJS Kesehatan, yang tahun lalu mencapai Rp32 triliun.

    Sri Mulyani menjelaskan, saat ini rumah sakit menjadi institusi yang mengalami tekanan cukup berat karena harus menangani kasus virus korona (covid-19). Menurut dia, Perpres baru akan memberi kepastian bagi fasilitas kesehatan (faskes) dalam menjalankan tugasnya.

    Tak hanya itu, BPJS Kesehatan diminta ikut menanggung biaya pasien korona yang ada di Indonesia. Saat ini pembiayaan pasien korona seluruhnya ditanggung oleh Kementerian Kesehatan karena bencana pada masa tanggap darurat, kejadian luar biasa atau wabah tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

    "Termasuk penyelasaian biaya pasien terdampak covid-19 di rumah sakit. Kemenkes sudah ada pos anggaran, kita akan lihat dari jumlah kasus dan penanganan. BPJS diminta ikut kover sehingga akuntabilitas bisa dipertanggungjawabkan," ungkap dia.

    Pemerintah telah menetapkan pembiayaan pelayanan kesehatan akibat virus korona dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang Penetapan Infeksi Corona Virus sebagai Penyakit Dapat Menimbulkan Wabah dan Penanggulangannya yang diteken Menteri Kesehatan pada 4 Februari 2020.




    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id