Mentan Imbau Masyarakat Tidak Perlu Panic Buying

    M Studio - 19 Maret 2020 12:49 WIB
    Mentan Imbau Masyarakat Tidak Perlu <i>Panic Buying</i>
    Mentan Syahrul Yasin Limpo menggelar pasar murah di TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020 (Foto:Dok.Kementan)
    Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan stok pangan bahan pokok hingga saat ini masih dalam jumlah aman hingga menjelang Lebaran. 

    Mentan Syahrul juga menggelar sidak di 10 pasar di Jakarta, serta menyelenggarakan pasar murah. Upaya tersebut dilakukan dalam upaya mengendalikan harga dan aksesibilitas masyarakat terhadap bahan pangan sehingga masyarakat tidak perlu panic buying.

    Untuk diketahui, panic buying merupakan fenomena masyarakat melakukan penimbunan sejumlah barang pada saat terjadi situasi darurat tertentu.

    "Saya sampaikan sesuai dengan hitungan yang sudah kami lakukan, insyaAllah 11 kebutuhan bahan pangan dasar cukup tersedia asalkan masyarakat jangan panic buying," kata Mentan Syahrul saat menggelar pasar murah di TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

    Syahrul menegaskan bahwa Kementan bersama mitra akan saling bekerja sama dalam menyediakan stok bahan pangan di pasar. Mentan Syahrul juga mengajak semua pengusaha untuk turut tangan dalam menjaga stabilisasi harga di pasar.

    "Jangan ada orang atau pengusaha yang mau untung sendiri dan kemudian memberikan kepanikan kepada rakyat," ucap Mentan Syahrul.

    Mentan Syahrul mengungkapkan bahwa gelar pasar murah dilakukan untuk memberikan kepastian kepada masyarakat jika bahan pokok kebutuhan dasar masih aman. Pasar murah juga akan digelar di berbagai daerah di luar Jakarta.

    "Hari ini di DKI Jakarta kita gelar pasar murah, namun jangan beli berlebihan karena jika kita makan gula berlebihan akan berdampak sakit gula," kata Mentan mengingatkan.

    Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengungkapkan khusus di DKI Jakarta, Kementan akan melakukan operasi pasar di 49 pasar.

    "Khusus hari ini, kita batasi di 10 pasar terlebih dahulu," ujar Agung.

    Operasi Pasar Murah diselenggarakan di Pasar Kalideres, Pasar Baru Metro, Pasar Kalibaru, Pasar Tanah Abang, Pasar Gondangdia, Pasar Pluit, Pasar Glodok, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawa Badak, Pasar Johar Baru dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu. 

    Pada operasi pasar ini Kementan menyediakan tiga bahan pokok dasar dengan harga murah, yakni gula (2 ton) seharga Rp12.500/kg, beras (2 ton) dengan harga Rp8.500/kg, dan telur (2,5 ton) seharga Rp23.000/kg.

    "InsyaAllah dengan operasi pasar ini kita akan bisa mengendalikan harga khusunya harga gula pasir, telur, dan beras. Saya berterima kasih  semua berkat kerja keras kita semua," kata Agung.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id