Dorong Ekspor, Mendag Permudah Impor Bahan Baku

    Antara - 11 Juni 2020 22:58 WIB
    Dorong Ekspor, Mendag Permudah Impor Bahan Baku
    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto - - Foto: Antara/ Desca
    Jakarta: Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mempermudah impor bahan baku dari negara-negara yang terdampak penyebaran covid-19. Hal ini dilakukan untuk menjaga pertumbuhan ekspor Indonesia.

    “Peningkatan ekspor kita kini telah mulai membaik dan menuju ke arah positif. Pertumbuhan indeks manajer pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) Indonesia yang pada Februari lalu sebesar 50 persen turun hingga April menjadi 27,61 persen, kini telah mulai rebound. Mei lalu PMI kita menjadi sebesar 28 persen,” kata Mendag saat konferensi video virtual, Kamis, 11 Juni 2020.

    Agus mengatakan kemudahan impor bahan baku tersebut sudah dikoordinasikan dengan berbagai kementerian/lembaga lainnya. Misal memberikan stimulus kepada para pelaku usaha, terutama sektor industri.

    Ia pun optimistis tatanan kehidupan baru atau new normal akan membuka kembali aktivitas perdagangan. Namun, pemulihan ekonomi tersebut harus diikuti dengan kepatuhan dan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan.

    “Saat ini, kegiatan perdagangan juga sudah mulai dibuka secara bertahap untuk mengaktifkan kembali roda perekonomian,” ungkap Agus.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id