Pertamina Buka Peluang Masuk ke Bisnis Nuklir

    Suci Sedya Utami - 18 Februari 2021 11:04 WIB
    Pertamina Buka Peluang Masuk ke Bisnis Nuklir
    PT Pertamina (Persero) tidak menutup kemungkinan untuk ikut dalam pengembangan energi berbasis nuklir. Foto: Dok.MI



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) tidak menutup kemungkinan untuk ikut dalam pengembangan energi berbasis nuklir di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan transformasi bisnis yang terus dijalankan perseroan dalam menjawab tuntutan dan perkembangan zaman.

    VP Downstream Research and Technology Innovation Pertamina Andianto Hidayat mengatakan sebagai salah satu penyedia energi, Pertamina dituntut untuk selalu menyesuaikan disrupsi yang terjadi, terutama yang mengarah pada energi bersih dan ramah lingkungan.




    "Apabila memungkinkan kita masuk ke ocean energy dan nantinya kalau memungkinkan ke yang ramah lingkungan," kata Andrianto dalam webinar, Rabu, 17 Februari 2021.

    Namun, kata Andrianto, hal tersebut sangat tergantung pada kebijakan pemerintah di masa mendatang. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina tentu akan mengikuti kebijakan yang diberlakukan pemerintah.

    Andrianto bilang, saat ini Pertamina telah mulai mengkaji untuk masuk ke pengembangan energi berbasis nuklir. Ia bilang berdasarkan kajian yang telah berjalan, potensi nuklir untuk dikembangkan di Tanah Air sangat besar, terutama untuk pembangkit listrik.

    Apalagi, lanjut dia, saat ini telah banyak teknologi pengembangan nuklir yang mengedepankan aspek keamanan (safety) yang tinggi. Sehingga bukan tidak mungkin nuklir juga bisa dikembangkan lebih lanjut di Indonesia.

    "Ini sedang secara paralel kami kaji juga. Seperti apa model dan pengembangannya. Energi nuklir ini sangat ramah lingkungan dan memiliki aspek safety yang tinggi sebenarnya," pungkas Andrianto.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id