Tak Ada Bioskop, Pengunjung hanya Satu Jam di Mal

    Ilham wibowo - 16 Oktober 2020 20:11 WIB
    Tak Ada Bioskop, Pengunjung hanya Satu Jam di Mal
    Ilustrasi pengunjung pusat perbelanjaang - - Foto: MI/ Barry Fathahilah
    Jakarta: Ditutupnya fasilitas hiburan di pusat perbelanjaan berdampak pada penurunan jumlah pengunjung selama pandemi covid-19. Rata-rata lama waktu kunjungan ke mal hanya satu jam sejak bioskop dilarang beroperasi.

    "Durasi kunjungan juga berubah dari biasa normal dua sampai tiga jam, sekarang hanya 1-1,5 jam saja. Tetapi ini bisa dimaklumi karena bioskop belum bisa dibuka dan juga masyarakat pengunjung tidak mau berlama-lama di pusat perbelanjaan," kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja dalam webinar MarkPlus Industry Roundtable: Retail Perspective, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Ia menuturkan kinerja pertumbuhan pusat perbelanjaan secara nasional anjlok lantaran sempat ditutup total selama tiga bulan.

    "Sejarah buat industri shopping center di Indonesia, belum pernah selama ini pusat perbelanjaan tutup total sampai dengan tiga bulan lebih yaitu dari April sampai Juni," ujarnya.

    Ia menambahkan kebijakan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum cukup untuk menarik minat pengunjung. Sebab, masyarakat level menengah atas masih mengerem konsumsinya lantaran khawatir dengan penularan wabah.

    "Kehati-hatian masyarakat di level menengah atas terhadap covid-19 lebih tinggi sehingga menyebabkan tingkat kunjungan lebih rendah daripada kelas menengah bawah," tuturnya.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id