Industri Pertambangan dan Konstruksi Berupaya Bangkit dari Dampak Pandemi

    Eko Nordiansyah - 10 November 2020 17:29 WIB
    Industri Pertambangan dan Konstruksi Berupaya Bangkit dari Dampak Pandemi
    Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Industri pertambangan dan konstruksi tengah berupaya bangkit dari dampak yang diakibatkan oleh pandemi covid-19. Terlebih, kedua sektor ini sejatinya menjadi dua dari lima industri penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

    Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kedua sektor ini menyumbang 64,13 persen PDB di kuartal III-2020 bersama dengan sektor industri, pertanian, dan perdagangan. Sayangnya sektor pertambangan maupun konstruksi masih mengalami kontraksi di periode tersebut.

    "Sektor pertambangan dan konstruksi memang mendapat tantangan dengan berbagai kondisi yang melanda Tanah Air, seperti perang dagang AS-Tiongkok dan pandemi covid-19," kata Events Director PT Pamerindo Indonesia Lia Indriasari dalam keterangan resminya, Selasa, 10 November 2020.

    Untuk itu, PT Pamerindo Indonesia menyelenggarakan pameran virtual bertajuk Indonesia Energy & Engineering V-Expo (IEE V-EXPO) yang menjadi pameran sektor pertambangan, konstruksi, beton, teknologi bangunan dan arsitektur terbesar di akhir tahun ini.

    Pameran IEE V-EXPO 2020 berlangsung pada 10-13 November 2020 dengan menghadirkan lebih dari 100 merek pemain besar yang berkecimpung di sektor pertambangan dan konstruksi di Indonesia. Peserta bisa mengikuti pameran hanya melalui laptop dan smartphone.

    Ia menjelaskan, sebagai bagian dari komunitas industri energi dan konstruksi Indonesia, pihaknya ingin tetap berkontribusi dalam industri yang digeluti dengan menghadirkan sebuah platform pameran yang terjangkau, aman, dan efektif bagi seluruh pemangku kepentingan.

    "Dengan begitu, semua pihak sektor ini bisa saling bersinergi untuk tetap eksis, membangun jaringan, dan mempermudah dalam menjalankan roda bisnis secara berkelanjutan," jelas dia.

    Untuk mendapatkan akses, pengunjung bisa melakukan registrasi secara online, pilih daftar sebagai pengunjung, kemudian isi data diri, dan pengunjung akan menerima e-mail konfirmasi atas pendaftarannya. Pengunjung yang sudah mendaftar dapat melihat produk-produk yang dipamerkan oleh peserta (exhibitor) di stand online IEE V-EXPO 2020.

    Ia menambahkan, peserta juga dapat terhubung melalui live call atau live chat dengan pengunjung atau pembeli. Dalam proses tersebut, para pengunjung yang sudah memutuskan untuk melakukan pembelian bisa melakukan pemesanan kepada peserta jika sudah terjadi kesepakatan transaksi.

    "Bagi para peserta pameran, hal ini tentunya menjadi pengalaman baru dalam berpameran dan berinteraksi online dengan para pengunjung. Peserta pameran juga bisa mendapatkan data pengunjung yang komprehensif dan akurat yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan data-data potential buyer," pungkas Lia. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id