2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Pembangunan PSN Tak Terhambat Pandemi Covid-19

    Eko Nordiansyah - 12 Oktober 2021 15:00 WIB
    2 Tahun Jokowi-Maruf, Pembangunan PSN Tak Terhambat Pandemi Covid-19
    Ilustrasi. Foto: MI/Angga Yuniar



    Jakarta: Presiden Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu fokus kerja di pemerintahan periode 2019-2024. Keberadaan infrastruktur dinilai akan menghubungkan berbagai kegiatan ekonomi yang bisa memberikan nilai tambah bagi rakyat.

    "Infrastruktur tersebut akan menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, mempermudah akses ke kawasan wisata, mendongkrak lapangan kerja baru, serta mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat," kata Jokowi dalam pidato awal masa jabatan usai dilantik, Minggu, 20 Oktober 2019 lalu.

     



    Sayangnya belum genap setahun menjalani masa jabatannya, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf harus diharapkan oleh pandemi covid-19. Tak hanya menimbulkan krisis di bidang kesehatan saja, pandemi juga memaksa pemerintah mengubah fokus anggaran untuk penanganan covid-19 di bidang kesehatan, ekonomi, dan sosial.

    Meski sempat menghemat anggaran infrastruktur untuk penanganan pandemi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjamin pembangunan infrastruktur tidak akan terhambat. Komitmen ini ditandai dengan alokasi anggaran untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang cukup besar pada 2021.

    Pada 2020, Kementerian PUPR harus mengalami pemangkasan anggaran menjadi hanya Rp75,6 triliun dari Rp100,6 triliun di 2019 karena pemerintah melakukan refocusing dan realokasi anggaran akibat pandemi covid-19. Lalu dalam APBN 2021, anggaran yang didapat Kementerian PUPR kembali meningkat mencapai Rp149,8 triliun.

    "Oleh karena itu untuk kompensasinya tahun depan untuk program-program yang memang mengalami penundaan, akan dikejar tahun depan," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2021, Jumat, 14 Agustus 2020 lalu.

    Anggaran di Kementerian PUPR tahun ini akan digunakan untuk pembangunan di bidang Sumber Daya Air (SDA) sebesar Rp58,88 triliun, bidang jalan dan jembatan Rp53,96 triliun, bidang permukiman Rp26,56 triliun, bidang perumahan Rp8,09 triliun, dan dukungan manajemen Rp2,65 triliun.

    Kebut penyelesaian PSN


    Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat telah menyelesaikan 11 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp135,2 triliun selama periode Januari hingga 4 Desember 2020. Penyelesaian ini berjalan sesuai dengan target yang telah disesuaikan pada awal masa pandemi.

    "Selebihnya, pemerintah optimistis mampu menyelesaikan PSN selain sektor energi pada kuartal III 2024," ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, di Jakarta, Rabu, 9 Desember 2020.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id