Jadikan Keluarga sebagai Pahlawan Keuangan

    Media Indonesia.com - 10 November 2020 10:29 WIB
    Jadikan Keluarga sebagai Pahlawan Keuangan
    Foto: dok MI.
    BANGSA Indonesia selalu memperingati tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan untuk menghormati para pejuang kita yang tidak mengenal lelah dalam mempertahankan kemerdekaan. Semangat kepahlawanan dari para pejuang dalam mempertahankan NKRI tersebut harus kita jaga selamanya sebagai panutan bagi kita semua dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

    Kehidupan sehari-hari yang harus kita jalani juga memiliki kesamaan dengan para pejuang kemerdekaan tersebut. Dalam mengarungi kehidupan sehari-hari, perlu tujuan dan semangat yang jelas, yaitu memiliki kehidupan yang bahagia, sejahtera, dan makmur. Memperoleh kehidupan yang ideal seperti itu harus terus dipertahankan, sama halnya seperti para pejuang terdahulu yang telah mempertahankan NKRI.

    Dalam konteks kemerdekaan sekarang ini, semangat kepahlawanan mempertahankan NKRI itu dapat diwujudkan dalam kehidupan seharihari. Mempertahankan kesatuan dan kelanggengan rumah tangga dalam suatu wadah yang disebut dengan keluarga juga merupakan bagian dari semangat tersebut. Keluarga, sebagai kumpulan manusia yang memiliki ikatan hubungan darah dan historis yang sangat erat, harus dijaga kelangsungan hidupnya. Semua orang memiliki cita-cita dan mimpi yang ideal untuk mempunyai keluarga yang bahagia, sejahtera, dan makmur selamanya.

    Untuk mewujudkan cita-cita keluarga yang ideal itu, salah satunya dengan memiliki kemampuan pengelolaan keuangan keluarga secara baik dan benar. Artinya, suatu keluarga harus mempunyai kemampuan perencanaan keuangan yang baik untuk semua anggota keluarganya, dari anak-anak sampai dengan orangtua. Oleh karena itu, semua anggota keluarga harus mempunyai peran masing-masing dalam pengelolaan keuangan keluarga. Dengan begitu, mereka mampu menjadi pahlawan keuangan bagi dirinya sendiri maupun keluarganya.

    Pemimpin keluarga

    Seorang ayah memiliki peran yang penting dalam keluarga, tidak hanya sebagai pemimpin di dalam keluarganya, tetapi juga sebagai pencari nafkah. Sebagai pemimpin di dalam suatu keluarga, seorang ayah juga memiliki peran untuk menentukan arah dan masa depan keluarga, termasuk bagaimana masa depan keuangan keluarganya. Dengan demikian, seorang ayah pasti akan menjaga keluarganya agar mendapatkan kehidupan yang bahagia, sejahtera, dan makmur dengan segala cara.

    Seorang ayah akan mencari sumber-sumber keuangan untuk menghidupi keluarganya agar tidak jatuh miskin ataupun hidup sengsara. Oleh sebab itu, ayah adalah pahlawan keuangan dalam keluarga dengan tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa segala kebutuhan keuangan semua anggota keluarganya dapat selalu tercukupi setiap saat. Peran ayah sebagai pemimpin dalam keluarga menjadikan seorang ayah harus mampu menyediakan keuangan yang mencukupi, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

    Karena itu, seorang ayah selain harus rajin mencari nafkah, juga harus mampu memberikan perlindungan apabila terjadi suatu peristiwa atau kejadian yang bisa mengancam keluarga tersebut. Kejadian tersebut, antara lain, ada anggota keluarga sakit, keperluan biaya sekolah anak sampai perguruan tinggi, tiba-tiba rumah terbakar, dan lain-lain yang perlu diantisipasi dan dipersiapkan oleh seorang ayah.

    Dengan demikian, seorang ayah harus menyediakan berbagai program asuransi untuk melindungi keluarganya dari berbagai ancaman dan potensi risiko yang akan melanda keluarganya. Selain itu, seorang ayah harus mampu bagaimana membesarkan aset maupun kekayaan yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal di kemudian hari. Untuk itulah seorang ayah juga harus memiliki kemampuan berinvestasi, seperti seorang manajer investasi yang mampu menumbuhkembangkan aset keluarga dalam jangka panjang agar menjadi lebih besar dan bermanfaat.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id