comscore

Dua Tahun Jokowi-Maruf, Sektor Energi Masih Kalah Pamor

Suci Sedya Utami - 17 Oktober 2021 15:25 WIB
Dua Tahun Jokowi-Maruf, Sektor Energi Masih Kalah Pamor
Ilustrasi industri energi. Foto ; AFP.

Produksi minyak mentah nasional

Mengutip data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) per 15 Oktober 2021, produksi minyak mentah nasional tercatat sebesar 663.669 barel per hari, masih jauh di bawah target 705 ribu bph di tahun ini.

Bahkan visi jangka panjang untuk menuju produksi minyak satu juta bph di 2030 diperkirakan agak sulit dicapai. Menurut Head of Center of Food, Energy dan Sustainable Development Indef Abra Talattov banyak faktor yang membuat target ambisius tersebut menjadi menantang. Pertama karena dari sisi teknis banyak sumur-sumur migas yang usianya sudah tua (mature) sehingga produktivitasnya makin berat.
Keuda dari sisi investasi juga makin berat. Dalam beberapa tahun belakangan, investasi di hulu migas khususnya makin turun. Hal ini dilatarbelakangi oleh iklim investasi di Tanah Air yang masih banyak memiliki hambatan sehingga menjadi pertimbangan investor.

Ia bilang misalnya perubahan skema bagi hasil antara gross split dan cost recovery, meskipun dalam dua tahun ini ada fleksibilitas untuk memilih skema yang diinginkan sesuai karakteristik lapangan, namun kebijakan yang cenderung berganti-ganti dalam waktu cepat mempengaruhi kepastian usaha.

"Jadi sebetulnya sektor energi masih termasuk sektor yang penuh tantangan, misalnya dari sisi target produksi minyak. Pada periode pertama (Jokowi) juga selalu di bawah target lifting," tutur Abra.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id