comscore

Menilik Masa Depan QRIS

Antara - 14 Desember 2021 20:50 WIB
Menilik Masa Depan QRIS
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
 

Regulasi


Namun, masih terdapat tantangan jangka pendek yang memerlukan pembenahan dalam pelaksanaan QRIS, meski layanan ini berpotensi untuk mendorong transaksi ekonomi digital.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Thomas Dewaranu menyebutkan perkembangan aktivitas ekonomi nirtunai harus dibarengi dengan upaya untuk mendukung keamanan dan pertumbuhan di sektor digital. Ia juga mengharapkan adanya upaya untuk meminimalisir ketimpangan akses teknologi informasi dan komunikasi (digital divide) serta kemampuan digital antardaerah dan antar konsumen di Indonesia.
Tanpa pembenahan itu, maka peningkatan transaksi ekonomi digital termasuk pemanfaatan QRIS hanya akan dinikmati masyarakat dengan akses internet dan layanan e-commerce yang berada di perkotaan. Selama ini, ketimpangan akses teknologi informasi dan komunikasi dan kemampuan digital dapat menjadi hambatan dalam meningkatkan penetrasi ekonomi digital.

"Selain memastikan masyarakat punya akses, harus juga dipastikan bahwa mereka mengerti cara memanfaatkan layanan-layanan digital beserta risikonya," kata Thomas.

Tidak hanya itu, upaya lain untuk menciptakan peluang ekonomi di kota kecil yang jauh dari pusat ekonomi juga membutuhkan kesiapan regulasi yang memadai. Salah satu regulasi yang dibutuhkan adalah RUU Perlindungan Pribadi yang saat ini sedang dibahas oleh DPR dan pemerintah untuk melindungi konsumen dari bahaya transaksi pembayaran digital.

Regulasi itu harus memastikan konsumen mendapatkan pengetahuan serta perlindungan yang konsisten untuk data pribadi dan transaksi, baik secara langsung maupun online. Tentunya, peraturan tersebut tidak kuno dan mampu mengakomodasi perkembangan zaman, dengan tetap dalam koridor aturan yang baik dan memihak kepada kepentingan bangsa.

Selanjutnya, koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait juga diperlukan untuk reformasi kurikulum dalam bidang pendidikan untuk menjawab tantangan revolusi teknologi digitalisasi. Berbagai upaya itu, serta sinergi yang sudah dilakukan, harus terus dipertahankan agar transaksi keuangan digital, QRIS khususnya, menjadi solusi kemudahan pembayaran di masa depan.
 

(DEV)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id