comscore

Menilik Masa Depan QRIS

Antara - 14 Desember 2021 20:50 WIB
Menilik Masa Depan QRIS
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
 

Sosialisasi


Berbagai upaya juga dilakukan BI untuk menyosialisasikan QRIS, termasuk dengan melaksanakan program Sehat, Inovatif, dan Aman, Pakai (SIAP) QRIS bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan. Melalui program ini, BI mengharapkan penggunaan QRIS dapat makin masif di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan di sejumlah kabupaten kota seluruh Indonesia.

Salah satu pasar yang menjadi sasaran untuk sosialisasi ini adalah Pasar Kapasan di Surabaya, Jawa Timur, yang menjadi salah satu pasar grosir dan kulakan terbesar di Indonesia bagian timur. Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, implementasi QRIS ini sebagai perwujudan kebhinekaan dan sinergi untuk memperluas akseptasi pembayaran digital.
Terdapat empat bank yang ikut terlibat dalam proses kemudahan layanan pembayaran digital di pasar ini yaitu Bank Mandiri, Bank Jatim, BNI, dan BCA. "Transaksi secara nontunai dengan QRIS menjadi salah satu alternatif solusi yang berkelanjutan untuk menjaga akselerasi pemulihan ekonomi," kata Budi.

Hingga pertengahan November 2021 tercatat sebanyak 400 pedagang di Pasar Kapasan telah mengaktifkan QRIS, yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pedagang dan masyarakat di pasar rakyat. Selain itu, program ini telah menyasar sebanyak 437 pedagang dari 615 pedagang di salah satu pasar utama di Kota Sorong, Papua Barat yaitu Pasar Sentral Remu.

Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, James Wilson L. Tobing, mengatakan QRIS dapat menjadi pembayaran nontunai yang cepat, aman, dan murah.

Selain itu, pemanfaatan transaksi digital ini membuat masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat berbelanja di pasar tradisional. Untuk mendukung QRIS, pihak perbankan telah menyediakan 37 agen di area Pasar Remu guna membantu proses top up uang elektronik, cash out, transfer dana hingga pembayaran tagihan dan pajak.

BI mengharapkan pemanfaatan QRIS sebagai kanal pembayaran dapat tumbuh lebih optimal dibandingkan setahun terakhir yang tercatat mencapai Rp2,13 triliun atau tumbuh 163,5 persen (yoy). Saat ini, penerapan QRIS tengah dilakukan uji coba interkoneksi dengan Thai QR Payment dari Thailand. Kedepannya, BI juga berencana memperluas QRIS ke Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Halaman Selanjutnya
  Regulasi Namun, masih…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id