comscore

Akhirnya Mereda

Angga Bratadharma - 27 Juli 2021 11:05 WIB
Akhirnya Mereda
Ilustrasi. FOTO: MI/SUMARYANTO
PERLAHAN tapi pasti, lonjakan kasus covid-19 di Tanah Air mulai mereda. Hal itu diperkuat dengan beberapa kepala daerah yang membeberkan fakta di lapangan bahwa kapasitas tempat tidur isolasi Instalasi Gawat Darurat (IGD) di beberapa rumah sakit rujukan covid-19 mulai terkendali. Ini menjadi bukti bahwa kebersamaan bisa menurunkan tingkat kegawatan situasi dalam sebulan terakhir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, misalnya, dalam postingannya di Instagramnya memperlihatkan beberapa IGD di RSUD mulai lowong dan terkendali karena kapasitas tempat tidur isolasi IGD hingga ICU tersedia. RSUD yang dimaksudkan Anies mulai dari RSUD Duren Sawit, RSUD Cempaka Putih, RSUD Koja, RSUD Kebayoran Lama, RSUD Pademangan, RSUD Kebayoran Baru, hingga RSUD Cengkareng.

 



"Alhamdulillah, atas izin Allah dan sejak kita semua sama-sama mengurangi mobilitas, situasi pandemi di Jakarta terus mengalami penurunan dan Insya Allah bisa keluar dari masa genting, terlihat dari keterisian IGD berbagai rumah sakit di Jakarta," kata Anies, dikutip dari postingannya di Instagram.

Meski demikian, ia meminta masyarakat untuk tidak kembali lengah memerangi pandemi covid-19 agar tidak ada lagi lonjakan seperti sebelumnya. "Mari kita lanjutkan momentum perbaikan situasi ini. Jangan sampai gelombang perbaikan yang mulai terasa ini lalu berhenti atau malah berbalik jadi naik kembali karena kita lengah dan kendor," tegasnya.

Dirinya juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan dan segera divaksinasi covid-19 agar kekebalan kelompok terwujud dan pandemi bisa segera terkendali. "Tetap jaga prokes kapan pun dan di mana pun, serta kurangi mobilitas yang tidak perlu. Bagi yang belum vaksin jangan tunda lagi," tuturnya.

"Data di Jakarta nyata-nyata menunjukkan bahwa vaksinasi bisa menurunkan risiko keparahan dan kematian akibat covid secara signifikan, sehingga tidak harus dirawat rumah sakit. Segera daftar vaksin lewat JAKI dan lindungi diri Anda, keluarga Anda, dan lingkungan sekitar Anda," tegasnya.

Akhirnya Mereda

Senada dengan Anies. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan PPKM Darurat mampu menekan lonjakan kasus covid-19 di Tanah Air. Berdasarkan data yang ia paparkan di postingan Instagramnya, tingkat kematian harian covid-19 di Jawa Barat mulai mereda dan sudah melewati masa puncaknya pada 11 Juli 2021.

Dalam data yang dipaparkan terlihat pada 11 Juli 2021 ada 269 kematian dan sejak itu terus menurun dan terakhir pada 19 Juli tercatat ada 70 kematian akibat covid-19. "Selama PPKM Darurat, tingkat kematian harian covid sudah melewati masa puncaknya di 11 Juli 2021. Semoga makin turun di hari-hari ini dan semoga makin nihil," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, dikutip dari postingannya di Instagram.

"Semoga pesan dan berita kesedihan di notifikasi handphone kita semakin hari semakin berkurang. Doa saya untuk semua yang berpulang selama pandemi ini khususnya selama PPKM Darurat. Semoga semua ditempatkan di tempat terbaik di sisi-NYA. Aamiin. Mari tetap jaga prokes dan secepatnya kita meninggalkan PPKM level 4/darurat ini," tambahnya.

Mengutip laman resmi covid-19.go.id, Selasa, 27 April 2021 menunjukkan angka kesembuhan harian bertambah lagi hingga mencapai angka tertinggi sebanyak 40.374 orang sembuh per hari per 26 Juli 2021 secara nasional. Angka harian ini meningkat dari angka tertinggi sebelumnya sebesar 39.767 orang per hari pada 24 Juli 2021.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id