Berjibaku Demi Terhindar dari Resesi

    Media Indonesia.com - 21 September 2020 10:40 WIB
    Berjibaku Demi Terhindar dari Resesi
    Foto: dok MI.
     

    Menatap ke Depan

    Kalaupun pada kuartal III terjadi kontraksi, diprediksi masih pada batas yang lebih rendah jika dibanding dengan sebelumnya. Menteri Perkonomian Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III-2020 akan berada di antara minus satu persen sampai dengan minus tiga persen.

    Dengan pertumbuhan ekonomi tersebut, pemerintah sebenarnya sudah tidak perlu terlalu memikirkan lagi apakah Indonesia mengalami resesi atau tidak. Sebab, di tengah kondisi ketidakpastian ini banyak negara-negara lain yang juga mengalami resesi ekonomi. Apalagi, sejumlah indikator seperti indeks keyakinan konsumen, Purchasing Manager Index Manufacturing dan juga surplus transaksi berjalan pada periode Agustus 2020 menunjukkan tren perbaikan sehingga bisa dikatakan kondisi terburuk dari krisis telah terlewati. The worst is over.

    Jika kontraksi ekonomi kuartal III-2020 lebih baik dibanding kontraksi kuartal II-2020 sebesar 5,32 persen, ini pertanda bahwa ekonomi pada periode berikutnya (kuartal IV) akan lebih baik lagi bahkan bisa mengarah hanya minus satu persen. Terlebih jika vaksin covid-19 sudah bisa digunakan dan beredar luas, perekonomian perlahan mengarah ke zona positif hingga 2021.

    Pemerintah pada RAPBN 2021 memroyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,5 persen sampai 5,5 persen. Bank Dunia memperkirakan 2021 Indonesia tumbuh 6,1 persen, Asian Development Bank mematok 4,8 persen, dan OECD memperkirakan tumbuh 5,3 persen. Meski tren pemulihan mulai terlihat, pemerintah tetap tidak terburu-buru menganggap krisis telah selesai.

    Oleh karena itu, sejumlah program bantuan sosial terus dilanjutkan. Pemerintah akan tetap berupaya menjaga daya beli masyarakat yang masih terpukul akibat krisis. Dengan daya beli yang terjaga, roda produksi bisa terus berputar dan ekonomi bergerak untuk membiayai pemulihan.

    (AHL)
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id