comscore

Melihat Kebaikan saat Pandemi Covid-19

Angga Bratadharma - 20 Agustus 2021 14:27 WIB
Melihat Kebaikan saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
MEMBERIKAN kebaikan maka yang didapatkan adalah kebaikan. Rumusnya pasti seperti itu. Didukung pepatah yang mengatakan kamu mendapatkan apa yang kamu tanam. Metode kehidupan tersebut harusnya erat korelasinya dengan sekarang ini, di saat pandemi covid-19 masih belum berakhir dan banyak dari masyarakat yang terdampak oleh virus mematikan itu.

Dengan aksi kebaikan maka akan banyak masyarakat yang terbantu terutama bagi mereka yang terdampak covid-19. Apalagi langkah pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu melalui penerapan PPKM membuat mobilitas berkurang dan imbasnya aktivitas ekonomi melambat. Maka kebaikan menjadi di antara jawabannya.

 



Namun, sudah tak terhitung kebaikan yang ada di bumi pertiwi saat pandemi covid-19 melanda, mulai di awal 2020 saat covid-19 terdeteksi hingga sekarang ini. Sebut saja bantuan sosial yang diberikan pemerintah, bantuan sosial yang diberikan swadaya masyarakat, hingga bahu membahu untuk membantu masyarakat terdampak yang tidak ditangkap kacamata media.

Sebut saja berbagai instansi yang membagikan makanan bergizi secara gratis kepada masyarakat terdampak, tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan melawan covid-19, hingga pekerja yang bertugas menguburkan korban covid-19. Kemudian kebaikan berupa berbagi sembako kepada mereka yang membutuhkan saat pandemi.

Kontribusi Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP), misalnya, dalam program penanganan pandemi covid-19 seperti ini juga memiliki peranan sama pentingnya dengan tenaga kesehatan. Pasalnya, petugas PJLP harus mengorbankan waktunya dan berpisah dengan keluarga mereka untuk sementara waktu demi tugas kemanusiaan.
 
Melihat Kebaikan saat Pandemi Covid-19

Hal itu yang juga patut diapresiasi. Untungnya Jakarta Experience Board (JXB) dan Zipmex Indonesia mengapresiasi kerja keras petugas PJLP tersebut dengan memberikan santapan sehat. Ada 3.320 paket santapan sehat yang dibagikan ke tujuh TPU mulai 30 Juli hingga 3 Agustus 2021. Santapan sehat diberikan dua kali sehari yaitu makan siang dan makan malam.

"Demi menyiapkan perpisahan terakhir antara pasien dan keluarga, petugas PJLP mesti menjalankan tugas siang dan malam. Melalui makanan sehat ini, diharapkan petugas PJLP dapat terus semangat. Pandemi ini pasti berakhir, dan kita pasti bisa melaluinya bersama-sama," kata Co-Founder Zipmex Indonesia Raymond Sutanto.

Tak hanya itu, aksi massal menggelar vaksinasi covid-19 secara gratis juga dilakukan dalam rangka mengakselerasi program vaksinasi. Harapannya kekebalan kelompok segera terwujud dan mata rantai penyebaran virus korona bisa melambat signifikan. Imbasnya diharapkan berdampak positif terhadap aktivitas perekonomian.

Untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan mempercepat vaksinasi, misalnya, pemerintah menggagas program vaksinasi dengan sejumlah industri, termasuk institusi keuangan. Hal itu terlihat dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Kesehatan, Dewan Asuransi Indonesia (DAI), dan perusahaan-perusahan asuransi yang menggelar Program Vaksinasi Covid-19.

"Inisiatif ini menunjukkan dukungan berkelanjutan terhadap upaya pemerintah dalam percepatan program vaksinasi. Kami berharap program ini dapat membantu mengurangi penyebaran virus," kata Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia Joos Louwerier.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id