• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

  Card 7 of 22  

Lewat JCM, Thailand Lanjutkan Momentum Positif dengan Indonesia

Willy Haryono    •    06 Juli 2018 14:39
Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu
Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Thailand Don Pramudwinai (Foto: Willy Haryono).
Yogyakarta: Hubungan bilateral Indonesia dengan Thailand terjalin kuat dari tahun ke tahun. Kedua negara menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, mulai dari perdagangan hingga sosial budaya.
 
Hal tersebut sama-sama diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Thailand Don Pramudwinai dalam Joint Commission Meeting (JCM) ke-9 di Yogyakarta.
 
"JCM adalah alat bilateral kedua negara, mengenai apa saja yang akan kita lakukan ke depan," ucap Menlu Retno di lokasi penyelenggaraan JCM ke-9 di Hotel Tentrem, Jumat 6 Juli 2018.
 
Menlu Don menuturkan hal senada. Menurutnya, hubungan kuat antara Indonesia dengan Thailand merupakan hal penting karena kedua negara adalah pemain kunci di kawasan.
 
Tidak hanya menguntungkan kedua negara, hubungan Indonesia dengan Thailand juga dinilai memiliki dampak krusial terhadap kesejahteraan serta perdamaian di kawasan.
 
"Kita ini adalah dua negara terbesar di kawasan dalam bidang ekonomi, bisa dilihat dari gabungan dua GDP," ungkap Menlu Don, merujuk pada Produk Domestik Bruto.
 
"Kerja sama bilateral kita sedang mendapatkan momentum yang baik. Saya berharap ide-ide yang dimunculkan (dalam JCM) dapat memperkuat kemitraan strategi kita," lanjut dia.
 
Nilai kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Thailand terus meningkat. Tahun lalu, nilai kerja sama kedua negara meningkat 11,95 persen ke angka USD15,75 miliar atau setara Rp226 triliun.
 
Selain soal kerja sama bilateral, Indonesia dan Thailand sama-sama mendukung mengenai peran penting yang akan diemban kedua negara tahun depan.
 
Peran yang dimaksud adalah Thailand melanjutkan keketuaan ASEAN, dan Indonesia sebagai salah satu negara anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
 
"Terima kasih atas dukungan Thailand kepada RI atas keanggotaan DK PBB. Tidak mudah untuk mendapatkan posisi ini," ungkap Menlu Retno.
 
FJR

  Card 7 of 22  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id