• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 12 NOV 2018 - RP 50.937.259.118

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

  Card 20 of 30  

Mau Pindah ke Mars? Begini Desain Rumahnya

Rizkie Fauzian    •    15 Oktober 2018 12:21
Display maket Mars Case ukutan 1:1 dalam pameran China House
Display maket Mars Case ukutan 1:1 dalam pameran China House Vision 2018 di Beijing. designboom/Wu Qingshan
Beijing: Selama tiga dekade terakhir penelitian tentang kemampuan Mars mendukung kehidupan sangat gencar. Jaraknya yang relatif dekat dengan bumi membuatnya dianggap sebagai tempat terbaik tempat tinggal baru bagi manusia suatu saat kelak.

Sedemikian tinggi harapan itu, setidaknya terlihat dari dari banyaknya film tentang Mars yang Hollywood produksi. Tingginya harapan itu pula yang mendorong firma arsitektur OPEN dan Xiaomi - ya, kita mengenalnya sebagai brand ponsel dari Tiongkok- merancang hunian untuk Planet Merah, MARS Case.


Di bagian belakang inilah segala teknologi canggih pengolahan limbah dibenamkan sehingga dapat digunakan ulang oleh manusia. designboom/Wu Qingshan

Seperti dikutip dari desingboom, MARS Case merupakan hunian mungil yang dirancang khusus mampu menetap di Mars. Dimensinya memang sangat mini -2,4 meter x 2,4 meter x 2 meter - tapi memiliki kemampuan mendaur ulang limbang menjadi energi dan air, Zero Waste.

Air dan energi adalah masalah besar di Mars. Sumber daya alam di planet yang bila dibandingkan bumi jaraknya ke matahari sangat dekat itu belum terbukti ada. Maka desain rumah dirancang dengan prinsip gaya hidup reuse dan recycle.  

Bahkan cangkang MARS Case juga dibuat dengan teknologi daur ulang. Artinya teknologi ini akan mendaur ulang energi, air maupun udara.


Interiornya dibuat kosongan. Perabotan berupa panel-panel yang multifungsi yang dapat dilipat untuk menghemat penggunaan tempat. designboom/Wu Qingshan

Hunian ini terhubung secara nirkabel dan dikontrol melalui smartphone. Keseruannya tidak berhenti di situ, MARS Case juga bisa dilipat dan disimpan sehingga memudahkan penghuninya pindah lokasi ke bagian lain Mars.

Konsep hunian ini ditampilkan di pameran "house vision" di Tiongkok. Beberapa arsitek terkenal lainnya turut menampilkan hasil karyanya seperti MAD Architect, MUJI, dan MINI living.
LHE

  Card 20 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id