• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 19 SEP 2018 terkumpul RP 19.955.605.901

  Card 8 of 30  

Harga Pangan Stabil di Pertengahan Ramadan

29 Mei 2018 19:21
Adung, penjual daging sapi di Pasar Patra. (Foto: Mercy Widjaja).
Adung, penjual daging sapi di Pasar Patra. (Foto: Mercy Widjaja).
Jakarta: Harga sembako stabil di pertengahan Ramadan ini. Berdasarkan pantauan Medcom.id di beberapa pasar tradisional Jakarta, kebutuhan bahan-bahan pokok seperti telur, daging sapi, bawang merah, dan bawang putih stabil bahkan cenderung turun.

"Seminggu ini cenderung turun harga telurnya. Harga telur negeri Rp25.000/kg. Sebelumnya Rp27.000 atau Rp28.000," terang Lukman, penjual telur di Pasar Lokbin, Meruya Ilir, Jakarta Barat, Selasa, 29 Mei 2018.

Sementara harga daging sapi di Pasar Lokbin dan Pasar Patra, Duri Kepa juga tak mengalami kenaikan hingga pertengahan bulan puasa. Di kedua pasar yang terletak di bilangan Jakarta Barat itu harga daging sapi stabil di kisaran Rp120 ribu/kg hingga Rp150 ribu/kg.

"Biasanya sebelum bulan puasa, pertengahan bulan puasa, harganya naik. Tapi tahun ini tidak," ungkap Adung yang sudah berjualan daging sapi sejak 10 tahun di Pasar Patra. 

Baca juga: Mendag Minta Pemprov DKI Jaga Harga Daging Ayam

Stabilnya harga juga terjadi pada bawang merah dan bawang putih. Di Pasar Patra, harga kedua bumbu dapur tersebut tak mengalami kenaikan dan cenderung stabil.

"Sekarang harga masih biasa. Sekarang malah murah-murah, tapi enggak tahu ya nanti makin dekat Lebaran," imbuh Tumini, penjual sayur, buah, dan bumbu dapur di Pasar Patra.

Berdasarkan Informasi Pangan Jakarta pada laman resminya di infopangan pada 29 Mei 2018, harga eceran untuk bawang merah sebesar Rp37.848/kg. Posisi harga itu turun Rp291 dibandingkan hari sebelumnya.

Demikian pula dengan bawang putih pada laman tersebut. Harga rata-rata eceran bawang putih di pasar tradisional Ibu Kota sebesar Rp31.636/kg atau turun Rp735 dari hari sebelumnya.
(Mercy Widjaja)
HUS

  Card 8 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id