• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 17 AGUSTUS 2018 terkumpul RP 12.592.985.909

  Card 11 of 30  

Tampil di SXSW 2018, Efek Rumah Kaca Usung Formasi 9 Orang Tanpa Adrian Yunan

Purba Wirastama    •    13 Februari 2018 18:01
Akbar Bagus Sudibyo (Foto: medcom/purba)
Akbar Bagus Sudibyo (Foto: medcom/purba)
Jakarta: Grup musik Efek Rumah Kaca (ERK) akan tampil di panggung musik festival bergengsi SXSW 2018 di Austin Texas pada 16 Maret mendatang. Rencananya, mereka akan datang dalam formasi utama tiga orang ditambah enam personal tur.

"Mas Adrian (Yunan) enggak ikut," kata drummer ERK Akbar Bagus Sudibyo di XXI Club Djakarta Theater, Selasa, 13 Februari 2018.

Beberapa tahun terakhir, Adrian mengalami masalah kesehatan yang membuat dia tak bisa ikut tampil bersama ERK dalam sejumlah kesempatan. Dia aktif di jalur solo dan telah merilis debut album berjudul Sintas.

Adrian Yunan Jadi Penonton Efek Rumah Kaca

"Kami ingin seperti yang di konser Sinestesia, kecuali Mas Adrian. Kami ingin formasi lebih lebar. Standar kan berempat. Kami ingin tambah terompet, kibor, terus ada backing vocal, terus ada gitar lagi satu. Jadi, mungkin total sembilan orang," tutur Akbar.

Tiga personel utama adalah Akbar, Cholil Mahmud, dan Poppie Airil. Menurut Akbar, kemungkinan besar mereka juga akan mengajak Muhammad Asranur (kibor), Dito Budi Trianto (gitar), Agustinus Panji (terompet), serta tiga penyanyi latar Irma Hidayana, Natasha Abigail, dan Cempaka Surakusumah.

SXSW 2018 berlangsung selama 10 hari pada 9-19 Maret. ERK akan bermain di Esther's Follies Austin pada 16 Maret dalam satu sesi selama 45 menit.

Menurut Akbar, kepergian mereka tak hanya untuk tampil, tetapi juga membangun jejaring, mencari peluang tampil di tempat lain, serta mengenalkan musik dan musisi dari Indonesia.

Untuk keperluan tersebut, ERK menggalang dana mandiri lewat konser selama dua pekan. Selain itu, pemerintah lewat Badan Ekonomi Kreatif juga akan ikut menyokong dana kepergian mereka.

"Kami backup saja karena takut ada sesuatu di luar dugaan. Kami ingin maksimal di luar sana selain main. Kami dikasih waktu lumayan panjang, sekitar seminggu.

"Jadi setelah main, kami ingin mencoba mendekati media sana atau gimana, itu kan perlu ongkos. Kami ingin tetap menambahkan (sesuatu), kami ingin tambah dananya," ujar Akbar.

ERK adalah satu dari tiga penampil musik Indonesia dalam SXSW tahun ini. Selain mereka, ada juga Brian Imanuel dan grup musik Kimokal. Tahun lalu, grup musik Lightcraft menjadi satu-satunya penampil dari Indonesia.

 
ELG

  Card 11 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id