Card 14 of 30  

Ledakan Pipa Minyak di Nigeria Tewaskan 16 Orang

Willy Haryono    •    13 Oktober 2018 12:14
Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)
Abia: Sedikitnya 16 orang tewas terkena imbas ledakan di sebuah jalur pipa minyak di negara bagian Abia, Nigeria, Jumat 12 Oktober 2018. Operator pipa minyak dan juga Korps Keamanan dan Pertahanan Sipil Nigeria (NSCDC) menduga ledakan diakibatkan "sekelompok pencuri."

Surat kabar Premium Times mengutip Komandan NSCDC cabang Abia, Benito Eze, bahwa insiden terjadi di desa Umuaduru. Operator pipa minyak Korporasi Petroleum Nasional Nigeria (NNPC) mengonfirmasi bahwa ledakan telah menewaskan sejumlah orang.

"General Manajer NNPC, Ndu Ughamadu, mengonfirmasi adanya korban tewas dan kerusakan properti dalam ledakan. Insiden mungkin diakibatkan para pencuri minyak yang berusaha membajak sistem pasokan BBM dari Port Harcourt ke Aba," tulis pihak perusahaan di Facebook, seperti dilansir dari kantor berita Sputnik.

Ledakan jaringan pipa minyak di Nigeria biasa dimanfaatkan berbagai grup militan sebagai alat politik atau pemerasan, baik kepada pemerintah atau sektor swasta. 

Namun dalam beberapa kasus, sejumlah perusahaan kerap menuduh kelompok pencuri atau mengklaim terjadi sabotase untuk menghindari membayar kompensasi kerugian kepada para pekerja atau masyarakat sekitar.

Grup hak asasi manusia Amnesty International pada Maret lalu menyebut perusahaan minyak multinasional di Nigeria menghadirkan informasi tidak akurat mengenai tumpahan minyak di negara tersebut. Amnesty menyebut alasan tersebut dikeluarkan untuk menghindari kompensasi.
WIL

  Card 14 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id