• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 19 OKT 2018 - RP 45.764.339.104

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

Card 1 of 30  

Inalum Kebut Proyek Smelter Alumina di Kalbar

17 Agustus 2018 10:24
Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin. Foto: MI/Panca
Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin. Foto: MI/Panca Syurkani.
Jakarta: Holding industri pertambangan, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum terus mengejar realisasi proyek pengembangan aluminium. Salah satu yang dikebut adalah adalah proyek smelter grade alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Barat.

"Bersama ANTAM dan investor dari Tiongkok, (proyek SGA) ditargetkan dapat berproduksi secara komersial pada 2020," kata Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, 17 Agustus 2018.

Untuk mencapai target produksi 1 juta ton aluminium pada 2025, lanjut Budi, pihaknya juga berencana melakukan ekspansi pengembangan klaster aluminium di Kalimantan Utara.

"Tepatnya di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning yang saat ini tengah finalisasi prastudi kelayakan dan persiapan lahan. Ini agar Inalum menjadi perusahaan kelas dunia (Fortune 500)," bebernya.

Inalum memproduksi produk turunan aluminium berupa billet dan foundry alloy. Inalum juga melakukan uji coba proyek optimalisasi dan up grading tungku peleburan.

"Upaya lain yang dilakukan untuk menjadi perusahaan kelas dunia adalah dengan finalisasi studi kelayakan untuk pengembangan smelter baru, ekspansi pelabuhan, pabrik calcined petroleum coke (CPC) bekerja sama dengan Pertamina," tutur Budi.

Demi peningkatan kapasitas produksi aluminium dan produk hilirnya, saat ini Inalum juga siap mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung.

"Saat ini, Inalum mengoperasikan dua dermaga yaitu dermaga A dan dermaga B yang menjorok ke laut sepanjang 2,5 kilometer yang telah beroperasi sejak 1982," tutup Budi.
HUS

Card 1 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id