Card 23 of 30  

Anies Prioritas Pipanisasi di Jakarta Utara

Nur Azizah    •    28 Maret 2018 14:21
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Antara/Galih Pradipta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Antara/Galih Pradipta
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mengupayakan pembuatan pipa di kawasan Jakarta Utara. Ia mau seluruh warga dapat menikmati fasilitas air bersih.

"Pertanyaan paling sederhana, 'sudahkah pipanisasi air bersih ke tiap rumah tangga itu diprioritaskan?' Kalau belum, itu nomor satu. Bagaimana kita bisa berkegiatan kalau masak sampai kebutuhan lainnya airnya tidak bersih?" Kata Anies di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Rabu, 28 Maret 2018.

Anies mengatakan pipanisasi adalah kebutuhan dasar. Maka itu, dia menginginkan agar akses air bersih mudah. "Kita ketahui masyarakat berpenghasilan rendah yang tinggal di kampung-kampung untuk mendapatkan air bersih susah dan biayanya tinggi," ungkapnya.

Baca: Anies Bentuk Tim Khusus Pengelolaan Air

Selasa, 23 Maret 2018, hujan deras yang mengguyur Ibu Kota sejak siang hingga sore mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta Utara terendam hingga 30 sentimeter. Anies memperkirakan penyebab genangan karena permukaan tanah di Jakarta Utara turun hingga 20cm per tahun.

"Konsekuensinya, ketika permukaan air laut meninggi, maka airnya masuk. Ini bukan semata-mata karena air pasang, tetapi juga air pasang dan permukaan tanah yang turun," terang Anies.

Menurutnya, langkah yang harus dilakukan adalah mengurangi pengambilan air tanah dan mengembalikan air ke dalam tanah secara masif, baik dari pemerintah maupun masyarakat. 
YDH

  Card 23 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id