• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 21 SEP 2018 terkumpul RP 20.111.147.901

  Card 2 of 30  

Ramadan Membawa Berkah bagi Pengrajin Bedug

Annisa ayu artanti    •    11 Juni 2018 17:33
Penjual Bedug. Medcom/Ayu.
Penjual Bedug. Medcom/Ayu.
Jakarta: Bulan Ramadan membawa berkah bagi pengrajin bedug di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang. Salah satu pengrajin bedug yang ditemui tim Medcom.id adalah Ridho (54 tahun), dia bercerita bahwa telah berbisnis bedug selama tujuh tahun. Dia menjual bedug dari bahan tong atau drum dan kayu dengan kulit sapi.

"Dulu sih ikut orang, tapi sudah mulai sendiri selama tujuh tahun," kata Ridho saat ditemui di trotar Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta, Senin, 11 Juni 2018.

Ridho mengatakan penjualan bedug selalu diminati oleh masyarakat Indonesia pada bulan Ramadan. Bedug kayu biasanya dipesan oleh perusahaan, hotel, dan mal pada awal Ramadan. Sedangkan bedug tong atau drum biasanya dibeli masyarakat untuk menyambut malam takbiran.

Ridho melanjutkan dalam satu kali periode Ramadan ia dapat menjual 200 set bedug dengan kisaran harga Rp100 ribu sampai Rp500 ribu untuk bedug tong dan Rp1,5 juta untuk bedug kayu kecil dan Rp3 juta untuk bedug kayu besar.

"Omzet saya belum tau, tapi saya menyiapkan 200 bedug, harganya yang kecil Rp100 ribu sampai (yang besar) Rp500 ribu," sebut Ridho.

Ridho menyediakan beberapa model ukuran bedug yang bisa dipilih pembelinya. Ada yang berdiameter 40 cm, 55 cm, hingga 60 cm. Ridho akan menjual bedug-bedug ini hingga malam takbiran.
SAW

  Card 2 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id