• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

  Card 24 of 30  

Buntut Ricuh Suporter

Pesan Damai Riko Simanjuntak untuk Suporter Sepak Bola

Kautsar Halim    •    04 Juni 2018 21:04
Riko Simanjuntak-Medcom.id/Kautsar
Riko Simanjuntak-Medcom.id/Kautsar
Jakarta: Salah satu penggawa Persija Jakarta Riko Simanjuntak mengutuk keras kericuhan yang dilakukan oknum suporter Bonek dan The Jakmania sehingga laga dibatalkan. Ia pun tak segan mengimbau kedua kubu suporter lekas berdamai.

Ricuh antarsuporter Tanah Air itu terjadi menjelang laga Persija kontra Persebaya di sekitar Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu 3 Juni. Selain mengakibatkan belasan korban luka-luka, kericuhan membuat pertandingan harus ditunda.

Belum diputuskan kapan laga pekan ke-12 Liga 1 Indonesia itu bakal digelar. Yang pasti, sudah ada 13 korban luka-luka yang harus dirawat di rumah sakit. Kerugian belum termasuk kerusakan fasilitas dan kendaraan di sekitar stadion.

Baca juga: Sempat Kolaps di Lapangan, Hilton Moreira Selamat Berkat Penanganan Tepat

Hubungan tidak akur antara The Jakmania dan Bonek memang terjadi telah lama. Namun, Riko mengimbau sikap permuduhan itu dihilangkan secepat mungkin demi kesuksesan Persija, Persebaya, dan tentunya sepak bola Tanah Air.

"Rasa egois antarsuporter harus dihilangkan dan diganti dengan rasa cinta. Kalau kita mendukung tim kebanggaan dengan rasa cinta, pasti lebih asyik daripada membuat masalah," ujar Riko saat ditemui dalam peluncuran sepatu bola Specs di Jakarta.

"Selain itu, persepakbolaan Indonesia juga bakal lebih bagus kalau suporter saling damai," tambah winger mungil berpostur 158 centimeter tersebut.

Baca juga: Penjelasan Kubu Persija terkait Batal Tanding Lawan Persebaya

Riko menegaskan, tidak bakal ada pihak lain yang bisa menghentikan permusuhan antarsuporter, jika tidak dimulai dari kesadaran diri sendiri. Untuk itu, ia mengingatkan para suporter untuk menumbuhkan niat positif sebelum memberi dukungan di Stadion.

"Cara berdamainya itu harus berawal dari diri kita sendiri. Kukuhkan niat datang ke lapangan atau stadion untuk mendukung tim kebanggaan. Cukup itu saja yang diperlukan dan tidak mesti melakukan hal-hal yang merugikan," pungkas Riko yang kebetulan membela timnas Indonesia saat kericuhan terjadi.

Video: Berburu Suvenir Piala Dunia 2018
 
RIZ

  Card 24 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id