Card 11 of 30  

Kenaikan Harga Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi Juli

Eko Nordiansyah    •    01 Agustus 2018 12:39
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut kenaikan harga telur ayam ras beberapa waktu lalu memberikan andil yang cukup besar terhadap inflasi Juli 2018. Pada bulan lalu, perkembangan harga tercatat mengalami inflasi sebesar 0,28 persen.

"Kenaikan telur ayam ras selama sebulan terakhir itu memberikan andil inflasi sebesar 0,08 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, Jalan Dr Sutomo, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan, kenaikan harga telur ayam ras terjadi di 72 kota/kabupaten dari 82 kota/kabupaten yang disurvei BPS. Beberapa kota seperti Banjarmasing kenaikan harga telur ayam mencapai dua persen.

Selain telur ayam ras, komoditas penyumbang inflasi lainnya adalah daging ayam ras dengan andil 0,07 persen. Sementara itu, cabai rawit memberikan andil inflasi sebesar 0,03 persen dan kacang panjang memberi andil 0,02 persen.

Sementara itu, beberapa komoditas yang menyumbang deflasi di antaranya adalah bawang merah yang memberi andil inflasi 0,04 persen, cabai merah 0,02 persen, serta daging sapi dan ikan segar yang masing-masing menyumbang deflasi 0,01 persen.

Secara komponen, inflasi kelompok bahan makanan tercatat 0,86 persen dengan andil 0,18 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga inflasi 0,83 persen dengan andil 0,07 persen, serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau inflasi 0,45 persen dengan andil 0,09 persen.

"Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi yaitu uang sekolah SD dan uang sekolah SMA masing-masing 0,02 persen, dan uang sekolah SMP sebesar 0,01 persen," pungkas dia.

 
AHL

  Card 11 of 30  

Aktifkan notifkasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id

Notifikasi dapat dimatikan kapanpun melalui pengaturan browser.

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id