Card 1 of 30

Arus Balik, Rest Area Bakal Diwarnai Wisata Kuliner

Dheri Agriesta    •    14 Juni 2018 16:54
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - Medcom.id/Siti Yona
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memaksimalkan pengelolaan rest area saat arus balik Lebaran 2018. Kementerian Perhubungan bersama pemerintah kota dan kabupaten akan memaksimalkan rest area dengan konsep wisata kuliner.

"Kita identifikasi ada 24 rest area, kalau kemarin saat mudik rest area tanpa konsep, sekarang kita harapkan milir (arus balik) dengan wisata kuliner," kata Budi di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Juni 2018.

Sebanyak 24 rest area yang tersedia sepanjang jalur tol akan dikelola dengan maksimal. Sedangkan untuk jalur fungsional, rest area akan dikelola pemerintah kabupaten dan kota, seperti Batang, Tegal, dan Pekalongan.

Budi menyebut, pemudik yang kembali dari kampung halaman dapat masuk ke area kota dan kabupaten setempat. Mengingat, tak ada rest area di sepanjang 70 kilometer jalur tol fungsional.

Kementerian Perhubungan akan bekerja sama dengan kabupaten dan kota untuk mengampanyekan kearifan lokal daerah setempat. Sehingga, pemudik yang kembali bisa memanfaatkan fasilitas rest area sembari mencicipi kuliner setempat.

"Kita bagi tugas, wisata kuliner ini tanggung jawab Kemenhub," kata Budi.

Kementerian Perhubungan juga bekerja sama dengan Kepolisian terkait tata laksana di rest area. Sebab, biasanya pemudik yang kembali ke perantauan memiliki tenaga yang lebih sedikit dibandingkan saat mudik ke kampung halaman.

"Jadi mereka besar kemungkinan sering mencari tempat istirahat," kata dia.


REN

Card 1 of 30