Memahami Status Club Homegrown Player di Eropa

    Gregorius Gelino - 15 Agustus 2019 23:07 WIB
    Memahami Status Club Homegrown Player di Eropa
    Kapten Juventus, Giorgio Chiellini (AFP/Marco Bertorello)
    Jakarta: Juventus kesulitan mendaftarkan pemain yang akan berlaga di Liga Champions musim 2019--2020. Mereka beralasan tidak memiliki cukup club homegrown player.

    Apa itu club homegrown player? Apa bedanya dengan homegrown player biasa?

    Club homegrown player disematkan kepada pemain yang menghabiskan tiga tahun di klub yang sama sebelum usia 21 tahun. Seorang pemain dihitung sebagai club homegrown player sejak usia 15 tahun hingga tiga tahun ke depan.

    Sedangkan homegrown player adalah pemain yang menghabiskan tiga tahun sebelum usia ke-21 mereka di suatu negara. Meski berganti klub, mereka akan tetap menjadi homegrown player jika pindah ke klub di negara yang sama.

    Status homegrown seorang pemain tidak dipengaruhi kewarganegaraannya. Cesc Fabregas, misalnya, merupakan pemain berkebangsaan Spanyol, namun ia merupakan pemain club homegrown Arsenal dan homegrown Inggris karena telah berada di Arsenal sejak usia 16 tahun.


    Baca juga: Juventus Tegaskan Dybala tak Dijual


    Aturan ini pertama kali diterapkan oleh UEFA di kompetisi Liga Champions pada 2007--2008 setelah digodok sejak 2006. Esensinya, setiap klub berhak mendaftarkan 25 pemain di kompetisi Liga Champions, namun mereka wajib memiliki delapan homegrown player, termasuk empat club homegrown player.

    Melihat efek positif yang ditelurkannya, Inggris mengadopsi aturan ini untuk kompetisi Liga Primer. Aturan homegrown pertama kali diperkenalkan pada musim 2010--2011 di Liga Primer.

    Hal ini membuat klub-klub besar Eropa mengubah strategi mereka dalam melakukan transfer. Jika tadinya setiap klub bebas membeli pemain dari belahan dunia manapun, kini mereka harus memperhitungkan aturan club homegrown player dan homegrown player.

    Tidak heran jika Juventus ingin melepas enam pemainnya. Dari 27 pemain yang dimiliki saat ini, Bianconeri memiliki delapan homegrown player, namun hanya satu club homegrown player. 

    Video: The Reds Juara Piala Super Eropa 2019

     



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id