Selamat Berjuang, Garuda!

    Alfa Mandalika - 26 November 2019 13:39 WIB
    Selamat Berjuang, Garuda!
    Pelatih Indra Sjafri bersama skuat Timnas U-23. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)
    Manila: Laga perdana selalu krusial. Ya, Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga pertamanya di ajang SEA Games 2019.

    Skuat Indra Sjafri sudah sangat siap menghadapi setiap lawan di ajang dua tahunan itu. Bahkan, pelatih berdarah Minang itu menyebut, skuatnya tak gentar dengan nama besar Thailand.

    “Saya bukan pelatih baru untuk timnas, dan saya sudah berapa kali berhadapan dengan tim-tim Asia Tenggara. Negara-negara tersebut tak perlu dicemaskan, yang penting mempersiapkan skuat dengan baik, pasti ada jalan,” tutur Indra jelang pertandingan.

    Indra juga menambahkan, skuatnya takkan sudi menjadi bulan-bulanan Thailand. Dia pun menginstruksikan anak asuhnya lebih disiplin dalam bertahan. Namun, tidak menutup kemungkinan, jika memungkinkan, anak asuhnya diminta menguasai penguasaan bola.

    “Saya harus terus memperbaiki pertahanan itu pasti. Tapi, cara bermain nanti melawan Thailand, tergantung pada kualitas dan kesiapan pemain yang kita punya jelang pertandingan,” ujar mantan pelatih Bali United itu.
       
    Menilik rekor pertemuan Indonesia kontra Thailand, memang skuat Garuda masih tertinggal. Catatannya, di ajang SEA Games, Indonesia U-23 sudah berduel dengan Thailand U-23 sebanyak 19 kali. Dari total pertemuan tersebut, tim yang berjuluk The War Elephants itu mampu meraih kemenangan sebanyak 15 kali.

    Namun, itu hanyalah catatan yang mungkin saja bisa berubah. Gelandang Evan Dimas Darmono mengisyaratkan skuatnya bakal tampil lepas pada laga melawan Thailand.

    "Ya kita akan tampil lepas. Fokus pada permainan dan menjalankan sebaik mungkin strategi dan taktik yang diinginkan pelatih. Tentu sebagai pemain, kita akan membuat improvisasi untuk tim," ucap Evan.

    Sebagai informasi, timnas Indonesia sempat mendapatkan beberapa rintangan jelang laga perdana. Salah satunya bus jemputan yang tidak datang sesuai dengan jadwal latihan. 

    Misi mengulang momen indah 1991
    Pelatih Indra Sjafri tak ingin melewatkan SEA Games 2019 begitu saja. Dia tegas mengatakan, bahwa kehadiran di Filipina untuk menggapai prestasi.

    Indonesia akan berhadapan dengan tim kuat seperti Thailand, Vietnam, Singapura, Laos dan Brunei Darussalam di Grup B. Namun, Indonesia tetap optimistis untuk meraih hasil terbaik.

    "Kita akan berjuang. Karena keberadaan kami di sini adalah menjalankan misi untuk mengulang sejarah menjadi juara. Indonesia terakhir menjadi juara SEA Games pada tahun 1991 dan itu terjadi di Manila. Inilah yang kita perjuangkan," ujar Indra.

    Indonesia memang punya kenangan manis di Manila. Tepatnya pada 1991. Kala itu, Indonesia mengalahkan Thailand pada babak final via adu penalti.

    Widodo Cahyono Putra dan kolega menang dengan kedudukan 4-3 setelah bermain imbang 0-0. Medali emas tersebut terakhir kalinya diraih skuat Garuda. Kini, setelah 28 tahun, semoga Indonesia kembali menyabet emas.

    Dukungan penuh dari Ketum PSSI
    Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan dukungan penuh kepada skuat Timnas U-23. Pria yang karib disapa Iwan Bule yakin timnas meraih hasil positif.

    "Saya ingin pemain tampil maksimal. Mari kita berjuang untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan usaha, kerja keras dan doa, kita yakin bisa," ujar Iriawan di hotel penginapan tim Indonesia.
     
    Kunjungan Iriawan itu disambut gembira oleh pelatih Indonesia U-23 Indra Sjafri. Ia berharap dengan mendapat dukungan dari Iriawan, para pemainnya bisa tampil lebih semangat. "Tentu ini menjadi tambahan motivasi untuk tim," kata Indra. 

    Selamat berjuang, Garuda!

    Video: Taklukan Persita, Persik Jadi Juara Liga 2 2019



    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id