Dejan Kulusevski, Permata Muda Swedia yang Gemilang di Italia

    Gregorius Gelino - 03 Januari 2020 16:59 WIB
    Dejan Kulusevski, Permata Muda Swedia yang Gemilang di Italia
    Dejan Kulusevski bersama Pavel Nedved (twitter: @juventusfc)
    Jakarta: Dejan Kulusevski resmi berseragam Juventus. Pemuda 19 tahun asal Swedia itu ditebus dari Atalanta dengan banderol 45 juta euro atau sekitar Rp 699 miliar.

    Harga itu menjadikan Kulusevski sebagai pemain Swedia termahal kedua di bawah Zlatan Ibrahimovic. Kala itu, Ibra didatangkan Barca dari Inter dengan harga 47 juta euro plus Samuel Eto'o.

    Meski demikian, sedikit orang yang mengetahui kiprah Kulusevski. Maklum, Ia hanya pernah membela Atalanta dan Parma di Italia. Namun, performanya bersama Parma musim ini cukup gemilang.

    Meski memulai karier sebagai gelandang tengah, Kulusevski memiliki kecepatan mumpuni untuk menjadi pemain sayap. Dengan skema serangan balik, kecepatan dan visi permainan Kulusevski terbilang cukup penting bagi Parma.

    Karena itu, ia ditempatkan sebagai sayap kanan dalam formasi 4-3-3 favorit pelatih Parma, Roberto D'Aversa. Memiliki kaki kiri mematikan, Kulusevski juga kerap menusuk ke dalam untuk melepas umpan atau langsung diselesaikan sendiri menjadi gol.

    Kulusevski, bersama Gervinho dan Andreas Cornelius, merupakan alasan Parma bisa menempati peringkat tujuh hingga giornata ke-19. Statistik Kulusevski juga tidak buruk dengan sumbangan empat gol dan tujuh assist dalam 17 penampilan.

    Kulusevski juga menunjukkan peningkatan performa yang cukup signifikan. Performanya langsung menonjol dengan tim muda Atalanta sejak didatangkan dari klub Swedia Brommapojkarna pada 2016.

    Kulusevski sudah terlibat dalam 55 pertandingan Atalanta Primavera dengan torehan 17 gol dan 26 assist. Penampilan impresifnya membawa tim muda Atalanta tersebut menjadi Campionato Nazionale Primavera musim 2018--2019.

    Maka, jangan heran jika Juve berani mengeluarkan mahar besar untuk mengamankan jasa Kulusevski. Teknik mumpuni, fisik memadai dan perkembangan pesat yang dimiliki, bisa saja membuatnya menjadi pemain kunci Bianconeri dalam beberapa tahun ke depan.

    Video: Atlet Terkaya di Dunia, Floyd Maywather Kalahkan Ronaldo dan Messi

     



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id