Jelang Swedia vs Swiss

    Data dan Fakta Menarik Jelang Swedia vs Swiss

    M. Rizky Adhestian - 03 Juli 2018 12:56 WIB
    Data dan Fakta Menarik Jelang Swedia vs Swiss
    Suasana latihan Timnas Swiss (Foto: AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)



    Saint-Petersburg: Piala Dunia 2018 tinggal menyisakan dua tempat pada babak perempat-final. Salah satunya akan diperebutkan oleh Swedia dan Swiss pada laga Selasa 3 Juli malam ini di Saint-Petersburg Stadium.

    Swedia menyandang gelar juara Grup F usai membantai Meksiko 3-0 pada laga penyisihan grup terakhirnya. Itu menjadi kemenangan terbesar mereka di Piala Dunia sejak 1994 di Amerika Serikat. Saat itu, mereka menang 4-0 atas Bulgaria untuk perebutan juara ketiga.

     



    Piala Dunia 1994 juga merupakan terakhir kalinya Swedia memenangkan pertandingan fase knockout. Blagult-julukkan Swedia- mengalahkan Arab Saudi 3-1 pada babak 16 besar, lalu menang adu penalti dengan Rumania pada perempat final, sebelum akhirnya dikalahkan Brasil 0-1 di semifinal.

    Baca: Prediksi Swedia vs Swiss: Swedia Menatap Perempat Final

    Dari segi permainan, Swedia terbilang lemah dalam penguasaan bola. Pada fase penyisihan grup, mereka hanya menguasai 24,5% saat dikalahkan Jerman 2-1 dan 33,5% saat menang atas Meksiko.

    Swiss sendiri saat ini berada di urutan keenam peringkat FIFA. Hanya Brasil (2) dan Belgia (3) negara yang masih bertahan di Piala Dunia 2018 dan berperingkat di atas mereka.

    Akan tetapi, Rossocrociati belum pernah lagi mencetak gol di fase knockout sejak 1954. Terakhir, mereka sebagai tuan rumah dikalahkan Austria 5-7 pada babak perempat final.

    Baca: Jadwal Pertandingan Piala Dunia Malam Ini

    Pertandingan Swedia kontra Swiss akan dimulai pada pukul 21:00 WIB. Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya yang sudah dirangkum medcom.id.

    Head-to-head

    - Dalam dua pertemuan terakhir, Swedia berhasil memetik satu kemenangan dan satunya lagi berakhir imbang.

    25/04/2001 Swiss 0:2 Swedia (Laga Persahabatan)
    27/03/2002 Swedia 1:1 Swiss (Laga Persahabatan)

    - Ini menjadi pertemuan perdana kedua negara di turnamen besar.

    - Terakhir kali Swiss mengalahkan Swedia adalah saat mereka dilatih Roy Hodgson. Pelatih asal Inggris itu membawa Swiss menang 4-2 atas Swedia pada kualifikasi Euro 1994.

    Swedia

    - Ini akan menjadi laga Swedia yang ke-50 di Piala Dunia (Menang 18, Kalah 18, Imbang 13). Mereka akan menjadi negara ke-11 yang meraih catatan tersebut. Hanya Meksiko yang sudah melebihi catatan pertandingan Swedia, tapi belum mencicipi trofi Piala Dunia.

    - Swedia belum pernah menang berturut-turut di Piala Dunia (tidak termasuk adu penalti) di luar kandang mereka. Terakhir kali Swedia menang berturut-turut adalah tahun 1958 saat mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia.

    - Sejak menjadi runner-up di Piala Dunia 1958, Swedia baru lolos fase grup lagi pada Piala Dunia 1994. Saat itu saat mereka menjadi juara ketiga.

    - Swedia selalu lolos fase grup dalam empat penampilan Piala Dunia terakhirnya (1994, 2002, 2006, dan 2018).

    Swiss

    - Swiss tidak diperkuat dua pemain utamanya di lini pertahanan, Stephan Lichtsteiner dan Fabian Schar. Keduanya mendapatkan hukuman akumulasi kartu.

    - Swiss lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 1994, 2006, dan 2014. Namun, mereka langsung takluk oleh Spanyol, Ukraina, dan Argentina tanpa mampu mencetak satu gol pun.

    - Satu-satunya gol Swiss pada fase knockout turnamen besar sejak 1954 adalah pada babak 16 besar. Gol tersebut dicetak oleh Xherdan Shaqiri saat menghadapi Polandia.

    - Swiss hanya menelan satu kekalahan dalam 25 pertandingan terakhirnya (Menang 17, Imbang 7). Kekalahan tersebut didapat dari Portugal 0-2 pada kualifikasi Piala Dunia Oktober 2017 lalu.

    Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

    Video: Suguhan Kuliner dan Belanja Oleh-oleh di Jalan Arbat, #SalamdariRusia
     

    (ASM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id