La Liga

    Barcelona Tak Berdaya di Markas Valencia

    Gregorius Gelino - 26 Januari 2020 00:06 WIB
    Barcelona Tak Berdaya di Markas Valencia
    Penyerang Valencia, Maxi Gomez (kanan), berebut bola dengan gelandang Barcelona, Arthur Melo (AFP/Jose Jordan)
    Valencia: Barcelona harus merasakan kekalahan perdananya di bawah arahan Quique Setien. Blaugrana takluk di Mestalla, markas Valencia, dengan skor 2-0 pada Sabtu, 25 Januari.

    Walau menguasai 74 persen penguasaan bola, Barca kesulitan menaklukkan kiper Valencia, Jaume Domenech. Sebaliknya, Valencia mampu memaksa Marc Andre ter Stegen memungut bola dari gawangnya sebanyak dua kali.

    Barcelona bahkan sudah dibuat kerepotan ketika laga baru berjalan 10 menit. Valencia mendapat penalti usai Gerard Pique melanggar Jose Gaya di kotak terlarang.

    Beruntung bagi Barca karena ter Stegen tampil prima. Penjaga gawang timnas Jerman itu mampu menghentikan penalti Maxi Gomez.

    ter Stegen kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-29. Ia menghalau dua peluang beruntun yang didapat Gomez dan Kevin Gameiro.

    Dua menit kemudian, ter Stegen kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya. Kali ini, ia menghentikan tembakan jarak jauh Francis Coquelin.

    Barca baru bisa mengancam gawang Barca pada menit ke-36 lewat kaki Lionel Messi. Tapi, Domenech sigap mengamankan gawangnya. Babak pertama pun berakhir dengan skor kaca mata.

    Babak kedua baru berjalan tiga menit dan Barca sudah kebobolan. Tembakan Gomez mengenai Jordi Alba dan ter Stegen tak mampu menghalau gol bunuh diri Alba.

    Tertinggal, Barca semakin gencar melancarkan serangan. Namun, hal itu membuka lubang di lini belakang Azulgrana dan membuat Valencia leluasa menembus pertahanan Barca lewat serangan balik.

    Alhasil, Gomez kali ini tak menyia-nyiakan kesempatan dan menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-77. Kali ini sepakan melengkungnya memanfaatkan umpan Ferran Torres tak mampu dijangkau ter Stegen.

    Penderitaan Barca bertambah pada menit ke-82 setelah Gabriel Paulista menambah keunggulan Valencia lewat skema sepak pojok. Beruntung gol tersebut dianulir karena Sergio Busquets lebih dulu dilanggar.

    Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-0 untuk tuan rumah tak berubah. Tambahan tiga angka membawa Valencia merangsek ke peringkat tiga dengan 34 angka dari 21 laga, sedangkan Barca masih berada di puncak klasemen dengan 43 poin dari 21 laga.

    Susunan pemain:
    Valencia (4-4-2): Domenech; Wass, Garay, Gabriel, Gaya; Torres, Coquelin, Kondogbia, Soler (Sobrino 90'); Gameiro (Rodrigo 59'), Gomez (Costa 80')

    Barcelona (3-1-4-2): ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti; Busquets; Fati (Collado 85'), Arthur (Vidal 56'), de Jong (Rakitic 85'), Alba; Messi, Griezmann

    Video: FIFA Setujui 6 Stadion Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021

     



    (GRG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id