Tendangan Bebas Messi Mirip Lemparan Stephen Curry

    Kautsar Halim - 11 Mei 2020 15:14 WIB
    Tendangan Bebas Messi Mirip Lemparan Stephen Curry
    Sikap Lionel Messi setelah melancarkan tendangan bebas. (Pau Barrena / AFP)
    Jakarta: Messi diketahui memiliki tendangan bebas yang mematikan sejak 2012 silam. Itu terbukti karena 12 golnya hingga musim 2014--2015 lahir dari bola mati.

    Tendangan bebas Messi makin luar biasa karena sering tercipta untuk mengubah permainan. Dua di antaranya ketika menaklukkan Real Madrid, dan salah satunya ketika mengalahkan Ajax di Liga Champions.

    Gelandang Barcelona Ivan Rakitic mengakui kehebatan tendangan bebas kaptennya tersebut. Menurut dia, biasanya seluruh tim sudah siap berselebrasi ketika Messi melancarkan tendangan bebas.

    "Barcelona bersyukur atas kemampuan tendangan bebas Messi yang luar biasa itu. Tapi, tidak ada satupun di klub kami yang tahu bagaimana Messi bisa punya kemampuan seperti itu," kata Rakitic.

    Dalam sebuah wawancara, Messi mengaku punya ritual khusus ketika melancarkan tendangan bebas tersebut. Tapi, ilmuwan olahraga Dr. Rajpal Brar punya pendapat  yang berbeda.

    Menurut Brar, gaya tendangan bebas Messi disebut "neuromuscular priming" yang pengertian dasarnya adalah mengurangi gangguan dalam jiwa sebelum menendang bola. Dengan begitu, tubuh dan memori otot jadi lebih siap untuk digunakan.

    Lebih jauh Brar menjelaskan, terdapat pola tiga langkah sebelum melancarkan tendangan bebas tersebut. Biasanya dua langkah pendek yang diikuti satu langkah panjang untuk menentukan tumpuan.

    Menariknya, Brar memperhatikan sikap Messi setelah melancarkan tendangan bebas mirip dengan yang dilakukan bintang NBA Golden State Warriors Stephen Curry. Sebab, Messi memperhatikan bola dengan serius sebelum masuk ke gawang.  

    "Itu seperti Anda menyimpan memori gerakan dan menghubungkannya secara langsung. Sama seperti ketika Steph Curry menembak (melempar). Dia pasti menyaksikan bola itu ketika melayang hingga mendapat arah yang diinginkan," kata Brar. (ibtimes.com)



    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id