Borussia Dortmund vs Union Berlin

    Sancho Cetak Sejarah, Dortmund Hancurkan Union Berlin

    Patrick Pinaria - 02 Februari 2020 00:16 WIB
    Sancho Cetak Sejarah, Dortmund Hancurkan Union Berlin
    Selebrasi para pemain Borussia Dortmund usai membobol gawang Union Berlin (Foto: AFP/Ina Fassbender)
    Dortmund: Borussia Dortmund berpesta gol saat menjamu Union Berlin pada spieltag ke-20 Bundesliga 1 Jerman 2019--2020, Sabtu 1 Februari malam hari WIB. Tak tanggung-tanggung, Die Borussen sukses menghantam gawang tim tamu lima gol tanpa balas alias dengan skor 5-0.

    Dortmund pantas menang lantaran tampil dominan pada laga tersebut. Statistik mencatat mereka bermain dengan penguasaan bola sebanyak 65,9 persen berbanding 34,1 persen dari milik Union.

    Ketajaman Dortmund di depan gawang Union begitu berbahaya. Buktinya, tim besutan Lucien Favre itu melepaskan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 13 peluang. Sementara itu, Union Berlin tidak mampu menciptakan tembakan mengarah ke gawang dan hanya mencatatkan lima peluang sepanjang pertandingan.

    Dortmund langsung menunjukkan tempo permainan tinggi sejak awal babak pertama. Alhasil, mereka sukses membuka keunggulan pada menit ke-13 lewat gol Jadon Sancho. Mendapat umpan dari Raphael Guerreiro, Sancho sukses melesakkan bola ke gawang Union.

    Gol tersebut terasa istimewa buat Sancho. Sebab, berkat torehan golnya itu, Sancho kini menjadi pemain pertama di bawah usia 20 tahun yang sukses mengoleksi 25 gol sepanjang sejarah Bundesliga.

    Dortmund tak langsung puas usai mencetak gol tersebut. Mereka terus menggempur pertahanan tim tamu sehingga sukses menambah keunggulan selang lima menit. Kali ini, gol dicetak Erling Haaland.

    Hingga turun minum, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 2-0 untuk keunggulan Dortmund bertahan.

    Memasuki babak kedua, Dortmund tidak mengendurkan serangan. Hasilnya pun berbuah manis. Tepat pada menit ke-68, mereka sukses mencetak gol lewat Marco Reus.

    Gol lahir dari eksekusi penalti. Kans penalti itu didapat Dortmund setelah kiper Union Rafal Gikiewicz melakukan pelanggaran terhadap Haaland di dalam kotak terlarang.

    Giliran Axel Witsel menyumbang gol untuk Dortmund. Gol tersebut tercipta hanya selang dua menit dari gol Reus. Saat itu, Witsel sukses memaksimalkan umpan Sancho yang sukses menusuk pertahanan Union dari sisi kiri.

    Pundi-pundi gol Dortmund terus bertambah. Pada menit ke-76, Dortmund kembali mendapat sumbangan gol dari striker andalan, Haaland yang kali ini memanfaatkan umpan dari Julian Brandt.

    Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan lagi tercipta. Dortmund memastikan kemenangan atas Union dengan skor telak 5-0.

    Berkat kemenangan ini, Dortmund naik ke posisi ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 39 poin. Mereka terpaut tiga poin dari Bayern Muenchen yang berada di posisi puncak klasemen sementara. Adapun Union harus tertahan di posisi ke-12 klasemen sementara dengan mengoleksi 23 poin. 


    Susunan pemain:

    Borussia Dortmund: Burki, Akanji, Hummels, Piszczek, Guerreiro, Witsel, Brandt, Hakimi/Zagadou (64'), Reus/Thorgan Hazard (71'), Sancho, Haaland/Reyna (77').

    Union Berlin: Gikiewicz, Friedrich, Schlotterbeck, Subotic, Trimmel/Ryerson (74'), Andrich, Gentner/Proemel (68'), Lenz, Malli/Becker (59'), Buelter, Andersson.


    Video: Dortmund Pinjam Pemain Juventus Emre Can hingga Yannick Carrasco Kembali Berseragam Atletico Madrid

     



    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id