Mengenal Dejan Kulusevski, Rekrutan Anyar Juventus di Januari

    Achmad Firdaus - 03 Januari 2020 19:24 WIB
    Mengenal Dejan Kulusevski, Rekrutan Anyar Juventus di Januari
    Dejan Kulusevski, rekrutan pertama Juventus di bursa transfer Januari 2020 (Foto: Google Image)
    Jakarta: Juventus telah mengumumkan rekrutan pertama mereka di bursa transer Januari 2020. Dia adalah Dejan Kulusevski.

    Kulusevski direkrut Juve dari Atalanta secara permanen. Gelandang berusia 19 tahun tersebut diikat kontrak selama empat tahun atau hingga 2024. Untuk mendapatkan Kulusevski, Juve harus merogoh kocek 30 juta poundsterling (Rp547 miliar) yang dibayarkan secara cicil selama lima termin.

    Sayangnya, setelah direkrut, Kulusevski tidak bisa langsung bergabung dengan skuat Juve. Ia akan terus menjalani masa pinjamannya di Parma hingga akhir musim ini. Sebelumnya, Atalanta meminjamkan Kulusevski ke Parma sejak awal musim ini.

    Lantas, apa yang mendasari keputusan manajemen Juve merekrut Kulusevski dengan harga mahal, tapi justru meminjamkannya ke klub lain?

    Bicara mahal, harga yang dikeluarkan Juve untuk Kulusevski memang tergolong tinggi, mengingat Atalanta hanya merogoh kocek 165 ribu euro (Rp2,5 miliar) saat merekrutnya dari klub Swedia, IF Brommapojkarna pada musim 2016--2017.

    Tapi, bicara soal kualitas, Kulusevski dinilai punya prospek cerah dan berpotensi memberikan keuntungan buat Juve di masa depan. Hal ini bisa dilihat dari statistik Kulusevski bersama Parma musim ini.

    Pada musim perdananya bersama Gialloblu, Kulusevski yang baru berusia 19 tahun langsung berhasil mencuri hati pelatih Parma, Roberto D'Aversa. Ia dipercaya tampil sebagai starter di 17 laga Serie A yang dimainkan Parma. Kepercayaan itu dibayar Kulusevski dengan torehan empat gol dan tujuh assist.

    Selain cepat beradaptasi, Kulusevski juga mampu bermain di beberapa posisi. Musim ini, ia sudah bermain di empat posisi berbeda di Parma. Mulai dari gelandang tengah, winger kanan, gelandang serang hingga jadi penyerang tengah. Dan di semua posisi itu ia mampu bermain dengan baik.

    Namun, posisi terbaik untuknya adalah di winger kanan, di mana empat gol yang ia ciptakan musim ini terjadi saat ia bermain di posisi tersebut.

    Menilik statistik Whoscored, Kulusevski juga piawai dalam melepas operan yang berpeluang gol. Ia rata-rata melepas 2,4 operan kunci di setiap pertandingan. Secara keseluruhan, ia sudah melepaskan 40 umpan yang berpeluang gol. Catatan itu membuatnya berada di lima besar daftar pemain yang paling banyak melepas umpan berpeluang gol di Serie A musim ini.

    Catatan tujuh assist yang dia torehkan musim ini juga menempatkannya dalam daftar 10 besar pemain dengan assist terbanyak di 5 liga top Eropa. Ia hanya kalah dari Luis Alberto (Lazio/11 assist), Thomas Mueller (Bayern Muenchen/11), Kevin De Bruyne (Manchester City/10) dan Jadon Sancho (Borussia Dortmund/9 assist).

    Satu hal yang mungkin membuat Juventus senang dengan keberhasilan mereka merekrut Kulusevski adalah, mereka berhasil memenangi pertarungan dengan rivalnya, Inter Milan dan juga raksasa Inggris, Manchester United yang lebih dulu dikabarkan tertarik meminang pemain kelahiran 25 April 2000 tersebut.

    Video: Ronaldo Ingin Menjadi Pemain Film Setelah Pensiun




    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id