MU Menangi Derby Manchester di Etihad

    Patrick Pinaria - 08 Desember 2019 02:58 WIB
    MU Menangi Derby Manchester di Etihad
    Selebrasi penyerang Manchester United Anthony Martial (tengah) usai membobol gawang Manchester City (Foto: twitter Marcus Rashford)
    Manchester: Derby Manchester jilid pertama musim 2019--2020 menjadi milik Manchester United. Red Devils sukses menaklukkan rival sekota mereka, Manchester City dengan skor 2-1 di Stadion Etihad, Minggu 8 Desember dini hari WIB.

    Hasil yang mengejutkan buat kubu City. Pasalnya, tim besutan Josep "Pep" Guardiola tersebut mampu mendominasi permainan. Statistik mencatat mereka bermain dengan penguasaan bola sebanyak 71,9 persen berbanding 28,1 persen dari milik United.

    Namun, dominasi City tak membuat mental para pemain United mengendur. Mereka mampu menunjukkan penampilan disiplin dan justru kerap merepotkan City dengan serangan-serangan balik.

    Tengok saja catatan peluang United di babak pertama. United lebih efektif dalam memaksimalkan peluang dengan menghasilkan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari 11 peluang. Sementara itu, City hanya menghasilkan lima tembakan mengarah ke gawang dari total 22 peluang.

    Efektivitas United langsung membuahkan keunggulan pada menit ke-23. Gol tersebut dicetak Marcus Rashford melalui eksekusi penalti. Hadiah penalti itu didapat United menyusul pelanggaran winger City Bernardo Silva terhadap Rashford di dalam kotak penalti yang ditinjau melalui VAR.

    Selang enam menit, United kembali menambah skor. Kali ini, gol dicetak oleh Martial. Mendapat umpan dari Daniel James, penyerang asal Prancis itu melepaskan tembakan yang sempat mengenai tiang sebelum masuk ke gawang.

    City tampil makin agresif usai gol tersebut. Sejumlah peluang diciptakan mereka melalui David Silva dan Gabriel Jesus. Akan tetapi, upaya mereka gagal berbuah maksimal.

    Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan lagi tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan United bertahan.

    Memasuki babak kedua, City makin mendominasi permainan. Mereka langsung menciptakan peluang melalui Angelino dan Kevin de Bruyne, tetapi tidak ada yang menghasilkan gol.

    United bukan tanpa peluang. Mereka tetap mampu mengancam gawang City. Salah satunya adalah saat Martial melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-58. Namun, bola masih bisa dibendung kiper City Ederson.

    Nasib apes dialami bek City John Stones pada menit ke-61. Ia mengalami cedera sehingga harus digantikan oleh Nicolas Otamendi.

    Empat menit berselang, pelatih City Guardiola kembali melakukan pergantian. Ia memasukkan Riyad Mahrez untuk menggantikan Bernardo Silva yang tampil kurang memuaskan pada laga ini.

    Kehadiran Mahrez membuat City makin agresif. Dua peluang langsung diciptakan City. Kedua peluang itu datang dari Raheem Sterling dan Mahrez. Apesnya, peluang mereka masih melenceng dari sasaran.

    Tak kunjung mencetak gol, City meningkatkan tempo permainan. Alhasil, tim tuan rumah sukses memperkecil ketinggalan melalui gol Otamendi pada menit ke-86. Ia sukses membobol gawang United dengan sundulan usai menerima umpan dari Mahrez.

    Para pemain United tidak langsung panik usai kebobolan. Mereka terus menunjukkan permainan disiplin. 

    Hingga laga usai, City gagal mencetak gol tambahan untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-2 tidak berubah dan memberikan kemenangan untuk United.

    Kemenangan ini membuat United naik ke posisi kelima klasemen sementara dengan mengoleksi 24 poin. Kini, mereka semakin dekat dengan posisi empat besar karena hanya terpaut lima poin dari Chelsea yang berada di posisi keempat.

    Sementara itu, City semakin sulit bersaing dalam perebutan gelar usai menelan kekalahan ini. Mereka sudah tertinggal 14 poin dari Liverpool yang menjadi pemimpin klasemen sementara.


    Susunan pemain:

    Manchester City: Ederson, Angelino, Fernandinho, Stones/Otamendi (59'), Walker, David Silva, Rodri/Guendogan (86'), De Bruyne, Sterling, Gabriel Jesus, Bernardo Silva/Mahrez (65').

    Manchester United: De Gea, Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw/Young (88'), McTominay, Fred, James, Lingard/Tuanzebe (89'), Rashford, Martial/Pereira (74').


    Video: Unai Emery Tulis Surat Perpisahan untuk Arsenal

     



    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id