Mengenal Curtis Jones, Wonderkid Penentu Kemenangan Liverpool

    Kautsar Halim - 06 Januari 2020 18:19 WIB
    Mengenal Curtis Jones, Wonderkid Penentu Kemenangan Liverpool
    Curtis Jones. (Paul ELLIS / AFP)
    Jakarta: Komposisi pemain berbeda diturunkan pelatih Juergen Klopp kala Liverpool menghadapi Everton pada babak ketiga Piala FA 2019--2020, Minggu 5 Januari. Dia mengistirahatkan sembilan bintangnya dan menurunkan lima pemain muda.

    Berubahnya peta kekuatan membuat permainan Liverpool tidak terlalu agresif. Bahkan, statistik babak pertama menyebut mereka hanya punya satu peluang mengarah gawang lewat Divock Origi. Tapi menariknya, The Reds tetap menang dengan skor tipis, 1-0.

    Takumi Minamino yang baru diboyong Liverpool dari RB Salzburg termasuk salah satu starter dalam Derby Merseyside di Stadion Anfield tersebut. Namun, status bintang lapangan tampak lebih layak diberikan kepada pemain muda, Curtis Jones.

    Jones yang baru berusia 18 tahun 340 hari dipasang Klopp sebagai gelandang tengah bersama Pedro Chirivella dan Adam Lallana. Dia sukses mencetak gol penentu pada menit ke-71 dengan tendangan melengkung dari luar kotak penalti.

    Sekilas, proses gol Jones mirip dengan aksi yang biasa dilakukan Philippe Coutinho saat masih berseragam Liverpool. Namun sayangnya dia sudah pindah ke Barcelona dan sedang menjadi pemain pinjaman Bayern Muenchen pada musim ini.

    Kontribusi saat menghadapi Everton membuat Jones menjadi pemain termuda kedua Liverpool yang bisa mencetak gol untuk tim inti. Gol tersebut makin membanggakan karena Jones merupakan cetakan asli akademi Liverpool. 

    Jones memang menandatangani kontrak sebagai pemain profesional Liverpool pada 1 Februari 2018. Tapi jauh sebelumnya, Jones sudah aktif membela Liverpool sejak level U-9. Performa yang terus menanjak membuatnya menjalani debut tim utama pada 7 Januari 2019.

    Sampai saat ini, Jones masih lebih sering dimainkan sebagai pemain cadangan. Namun dia juga sempat menjadi penentu kemenanganan Liverpool atas Arsenal pada Piala Liga 25 September 2019 lalu. Gol yang dia cetak saat itu tidak masuk catatan pribadi karena lahir lewat drama adu penalti.

    Performa apik Jones bersama Liverpool membuat dia tidak pernah absen membela timnas Inggris muda (U-16, U-17, U-18 dan U-19). Dia terhitung sudah 23 kali tampil untuk negaranya dan sukses menyumbang dua gol. 

    Liverpool menurunkan lima starter U-23 menaklukkan Everton. Selain Jones, masih ada Harvey Elliot (16 tahun), Neco Williams (18 tahun), Pedro Chirivella (22 tahun) dan Nathaniel Phillips (22 tahun). Khusus Elliot, dia tercatat sebagai pemain termuda yang pernah tampil dalam sejarah Piala FA.





    (KAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id